Sabtu, 10 Mei 2014

Daftar Wisata Di Kalimantan Timur

Daftar Wisata Di Kalimantan Timur-Kalimantan Timur memiliki luas wilayah daratan 198.441,17 km2 dan luas pengelolaan laut 10.216,57 km2 terletak antara 113º44’ Bujur Timur dan 119º00’ Bujur Timur serta diantara 4º24’ Lintang Utara dan 2º25’ Lintang Selatan. Secara administratif Provinsi ini memiliki batas wilayah sebelah Utara berbatasan dengan Negara Bagian Sabah Malaysia Timur, sebelah Timur berbatasan dengan sebagian (12 Mil) Selat Makasar dan Laut Sulawesi, sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Selatan, sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Barat serta Negara Bagian Serawak Malaysia Timur.
Daftar Wisata Di Kalimantan Timur
Peta Kalimantan Timur
Provinsi beribukota di Kota Samarinda ini merupakan produsen utama minyak dan kayu. Dari beberapa Provinsi di Indonesia, Kalimantan Timur adalah salah satu Provinsi yang paling maju di bidang industri. Hasil kayu, pertambangan dan minyak itulah yang membuat masyaraktnya sejahtera. Bagi sobat tak akan kecewa untuk mengunjunggi beberapa tempat wisata di Kalimantan Timur ini, karena masih banyak tempat-tempat yang mengagumkan untuk sobat berpetualang dan apabila sobat menginginkan kenyamanan maka  disinilah sobat akan betah karena daerah ini sudah berkembang secara modern.

Kalimantan Timur memiliki obyek wisata yang beragam, baik wisata alam, agrowisata, maupun wisata budaya. Wisata alam di daerah ini antara lain berupa keindahan laut dan pegunungan yang terbentang luas, sungai-sungai, wisata hutan tropis yang lebat, dengan keanekaragaman jenis flaora dan fauna liar, seperti yang terdapat di kawasan Taman Nasional Kutai. Di sini juga terdapat sekitar 1000-189.000 jenis tumbuhan antara lain anggrek hitam yang harga per bunganya dapat mencapai Rp100.000,00-Rp500.000,00. Berikut Daftar Wisata yang ada di Kalimantan Timur :

Objek Wisata Samarinda
  1. Kebun Raya Unmul Samarinda
  2. Kawasan Desa Wisata Budaya Pampang
  3. Pelas Tahun
  4. Air Terjun Tanah Merah
  5. Masjid Raya Darussalam
  6. Tepian Mahakam (Wisata Sungai Mahakam)
  7. Kerajinan Sungai Samarinda (Sarung Samarinda)
Objek Wisata Balikpapan
  1. Pantai Manggar Segarasari
  2. Penangkaran Buaya
  3. Taman Agrowisata
  4. Hutan Lindung Sungai Wain
  5. Jembatan Ulin Kariangau
  6. Monumen Perjuangan Rakyat
  7. Taman Bekapai
  8. Pantai Melawai
  9. Meriam Peninggalan Jepang
  10. Kampung Atas Air
Objek Wisata Bontang
  1. Pulau Beras Basah
  2. Objek Perumahan Diatas Air Laut Bontang Kuala
  3. Padang Golf Hotel Bintang Sintuk
  4. PT. Pupuk Kaltim
Objek Wisata Tarakan
  1. Pantai Amal
  2. Wana Wisata Persemaian
  3. Bunker
  4. Tugu Australia
  5. Tugu Perabuan
  6. Meriam Perang
Objek Wisata Kutai Kartanegara
  1. Museum Mulawarman dan Makam Raja-Raja Kutai
  2. Taman Rekreasi Tanjung Harapan Samboja
  3. Muara Muntai
  4. Muara Kaman
  5. Ritan Baru
  6. Wisata Alam Bukit Bingkirai
Objek Wisata Kutai Barat
  1. Danau Jempang dan Danau-Danau Lainnya
  2. Kersik Luway
  3. Mencimai, Benuaq, Anggrek Hitam
  4. Air Terjun Jantur Gemuruh
  5. Desa Tering
  6. Rukun Damai Long Bangun Lilir
  7. Long Pahangai dan Long Tuyuk
Objek Wisata Kutai Timur
  1. Pantai Pangandaran
  2. Goa Pangandaran
  3. Goa Gunung Kombeng
  4. Desa Miau Baru
  5. Tambang Batu Bara
Obyek Wisata Di Kabupaten Paser
  1. Kecamatan Batu Sopang
  2. Kecamatan Tanjung Harapan
  3. Kecamatan Muara Kaman
  4. Kecamatan Long Kali
Salah satu upacara adat akbar yang menjadi agenda kepariwisataan Kalimantan Timur adalah Pesta Adat Erau ; Erau pertama kali dilaksanakan pada upacara tinjak tanah dan mandi ke tepian ketika Aji Batara Agung Dewa Sakti berusia 5 tahun. Setelah dewasa dan diangkat menjadi Raja Kutai Kartanegara yang pertama(1300-1325), juga diadakan upacara Erau. Sejak itulah Erau selalu diadakan setiap terjadi penggantian atau penobatan Raja-raja Kutai Kartanegara.

Dalam perkembangannya, Erau dilaksanakan dalam rangka penobatan gelar Raja dan pengangkatan Raja baru dengan menggelar pesta di hadapan seluruh rakyat. Festival Erau yabg kini sudah termasuk dalam Calendar of Events Pariwisata Nasional, tidak lagi hanya dikaitkan dengan seni Budaya Keraton Kutai Kartanegara, tetapi lebih menyajikan variasi ragam budaya dan seni yang ada dan berkembang di wilayah Kutai dan Kalimantan Timur. Samarinda sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Timur juga memiliki kawasan Wisata Budaya Pampang ; merupakan kawasan wisata budaya yang menarik untuk menyaksikan kehidupan suku Dayak Kenyah, Daya tarik yang dapat disaksikan di tempat ini adalah Lamin atau rumah adat suku Dayak serta tarian dan upacara adat Dayak Kenyah, yang digelar setiap hari Minggu.

Makanan laut patut Anda cicipi saat berada di sini. Karena mayoritas penduduknya beragama Islam jadi kebanyakan restoran di sini menawarkan makanan halal. Berbagai makanan Cina dapat dinikmati dengan harga yang terjangkau.

Demikian Daftar Wisata Di Kalimantan Timur yang bisa saya share. Nikmati masa liburan dan akhir pekan Anda dengan penuh kecerian bersama keluarga, teman ataupun sahabat Anda.

0 komentar

Poskan Komentar