Selasa, 29 November 2016

Yuk, Icip-icip Makanan Khas Manado yang Lezat, Sehat dan Hemat!

Mengunjungi suatu daerah untuk menikmati suasana liburan akan semakin lengkap dengan mencoba dan mengenal lebih dekat kekhasan budayanya melalui cita rasa dan kulinernya. Tak lengkap rasanya jika melakukan traveling tanpa mencoba berbagai kuliner khas daerah tersebut. Maka Manado bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk dikunjungi.

Manado sebagai ibu kota Propinsi Sulawesi Utara, memiliki ragam wisata alam, budaya, juga tentang kulinernya. Liburan ke Manado dan menikmati ragam kulinernya tentu akan jadi pengalaman lengkap Anda bukan? Ingin tahu lebih lengkapnya? Berikut ulasan singkat pilihan kuliner favorit asal Kota Manado.

Sambal Roa

Indonesia memang terkenal dengan masakan serba pedas,  begitu juga dengan Kota Manado. Sambal roa adalah salah satu bukti khasanah kuliner Indonesia yang mengutamakan rasa pedas. Sambal ini sendiri berasal dari ikan roa asap, kemudian dihancurkan hingga halus.  Selanjutnya, ikan yang telah halus tadi diolah beserta bumbu dan minyak ingga merata. Hasilnya, siap disantap bersama nasi panas. 

Sambal Roa
 Sumber: resepcaramasak.com

Sambal ini juga pas disantap bersama dengan bubur Manado. Kemasannya bahkan semakin praktis karena sambal ini dapat bertahan lama hingga 6 bulan lamanya. Anda dapat membelinya dengan harga cukup terjangkau yakni antara Rp55.000 sampai dengan Rp60.000.  

Bubur Tinutuan atau Bubur Manado

Bubur satu ini cukup unik, memiliki ciri makanan sehat karena cukup gizi dan serat. Bubur ini terbuat dari beberapa bahan alami sehingga sangat aman dikonsumsi. Bahannya berasal dari campuran aneka sayur yang akan membuat bubur ini semakin kaya serat dan banyak vitaminnya. Beberapa sayur yang bisa dicampurkan ialah bayam, kangkung, jagung, ubi, juga bumbu tradisional seperti serai, jahe, daun salam dan lainnya. Bubur ini paling enak disantap dengan ikan asin goreng dan juga sambal manado yang pedas. 

Bubur Tinutuan atau Bubur Manado Yuk, Icip-icip Makanan Khas Manado yang Lezat, Sehat dan Hemat!
 Sumber: katalogkuliner.com

Ragam kuliner daerah ini juga tak bisa dilepaskan dari suku yang ada di kota ini, yakni Minahasa. Maka, jenis makanannya pun terpengaruh besar oleh rasa dan cara penyajian asli suku ini.

Sementara Manado sendiri lokasinya yang berada sangat dekat dengan laut. Lokasi ini tentu punya pengaruh besar, khususnya dalam bidang kulinernya. Banyak sekali kuliner yang menyedikan pilihan menu olahan seafood. 

Panada 

Sekilas, makanan ini sangat menyerupai pastel, namun isian yang digunakan berbeda. Bedanya, jika pastel ini menggunakan olahan daging ayam, lalu dicampur dengan wortel dan kentang, sedangkan panada berisi ikan Cakalang yang diolah. Bumbu untuk panada ini juga khas Manado yang biasa disebut bumbu panpis. Menurut informasi, bumbu panpis tersebut juga terbuat dari ikan cakalang yang dicampur dengan cabe merah, bawang merah, dan dedaunan seperti daun jeruk, kemangi, juga daun bawang. 

Makanan ini sebenanya bukanlah jenis makanan asli Manado, melainkan warisan bangsa Portugis pada masa lalu yang mendatangi Minahasa dan menetap dalam jangka waktu tertentu di masa itu, sehingga lama-kelamaan menjadi makanan khas Manado.  Awalnya makanan ini bernama empanada yang berarti  makanan berisi ikan yang dibungkus roti.

Klapertaart

Klapertaart adalah salah satu jenis kue asal Belanda, namun telah mendpat sentuhan cita rasa Indonesia yang kuat. Arti sesungguhnya dari nama kue ini adalah cake kelapa atau tart kelapa. Hal ini sesuai dengan bahan utama pembuat kue yakni tepung terigu, susu, kelapa muda dan air kelapa yang kemudian ditambahkan dengan margarin. Rasa khas dari kue ini adalah manis dengan tekstur yang lembut sehingga menjadi kegemaran masyarakat Manado dan sekitarnya.

Bagaimana jika kamu hendak membawanya ke wilayah di luar pulau untuk oleh-oleh? Sangat bisa, dengan catatan segera dimasukkan ke dalam lemari pendingin sesaat setelah tiba di rumah ya. Keistimewaan dari kue ini adalah dapat bertahan hingga 12 jam lamanya, namun syaratnya harus dibungkus dalam sebuah wadah yang kedap udara dan memiliki suhu dingin.

Harga kue yang satu ini cukup terjangkau, yakni hanya sekitar Rp15.000 sampai dengan Rp60.000 saja, sesuai dengan ukuran kuenya.

Dodol Amurang

Sedikit beralih ke jenis makanan manis lainnya, bernama dodol amurang. Dodol ini cukup berbeda dari dodol Garut yang kita kenal selama ini. Dodol khas asal Minahasa Selatan ini dibuat dari bahan utama seperti beras ketan halus, gula aren, dan tambahan minyak kelapa murni seblum diambil santannya, serta tambahan kacang, dan kayu manis sebagai penguat aroma dan rasa.

Campuran bahan-bahan tadi dibungkus dengan menggunakan daun kelapa untuk dimasak dengan cara dikukus dalam ukuran panas 120 derajat saja. Sebagai info pentingnya, dodol ini biasa digunakan sebagai penganan atau suguhan dalam acara syukuran masyarakat Manado. Jika Anda berniat membeli untuk oleh-oleh, maka siapkan dana secukupnya saja karena harganya relatif terjangkau, yakni antara Rp500 sampai dengan Rp5.000 sesuai ukuran dodol tersebut. 

Dodol Amurang Yuk, Icip-icip Makanan Khas Manado yang Lezat, Sehat dan Hemat!
Sumber: maadopostonline.com
Pala Manis

Ada lagi satu jenis makanan khas Manado yang bisa kamu bawa pulang. Jenis ini memang sedikit unik dan mungkin cukup berbeda dari jenis manisan yang kamu kenal. Ya, tapi kamu harus mencobanya, apalagi Pala Manis asal Manado yang ini telah populer di negara tetangga seperti Malaysia dan negara Asia lainnya.

Olahan buah Pala dari Manado ini memiliki rasa yang manis karena diberi tambahan cairan gula, bukan gula pasir biasa. Sehingga memiliki tampilan yang juga menarik perhatian untuk segera mencicipinya, teksturnya terlihat bersih dan mengkilap karena adanya tambahan gula tadi. Selain itu buah pala juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kamu lho.

Pala Manis Yuk, Icip-icip Makanan Khas Manado yang Lezat, Sehat dan Hemat!
 Sumber: anekatempatwisata.com

Jika Anda berniat membeli, maka cukup siapkan dana sekitar Rp40.000 saja untuk bisa menikmati kelezatan dan manisnya olahan buah pala khas Manado. Makanan jenis satu ini banyak ditemukan di hampir semua jalan utama Kota Manado, juga di Pelabuhan Bitung ataupun di Bandara Sam Ratulangi.

 So, selamat menikmati libuaran dan kuliner khas Manado Sulawesi Utara yang lezat!

0 komentar

Posting Komentar