Selasa, 17 Oktober 2017

Danau Ranau dan Pulau Marisa, Bagaikan Danau Toba dengan Pulau Samosir

Berbicara tentang Danau Ranau yang ada di Lampung Barat seolah memaksa ingatan untuk kembali ke peristiwa 8 tahun yang lalu. Dimana diri ini tak percaya ada di satu objek wisata paling populer di Lampung.

http://yopiefranz.com/
Objek wisata yang menampilkan keindahan danau dengan Pulau Marisa ini bisa dijangkau dari Bandar Lampung sekitar 6 hingga 7 jam perjalanan naik mobil. Cukup lumayan jauh memang tapi sepanjang perjalanan bila jeli akan didapati berbagai macam objek wisata menarik lainnya.

Sementara itu kalau dari pusat Kota Lampung Barat, Liwa maka perjalanan tidak akan memakan waktu lama. Jarak yang hanya 27 kilometer bisa ditempuh kurang dari 1 jam perjalanan.

Objek wisata yang ada di Lampung Barat ini kadang disebut ada di Palembang tepatnya di Ogan Komering Ulu Selatan. Dan pernyataan tersebut memang tidak salah karena secara geografis memang demikian ada di perbatasan 2 wialayah yang berbeda.

Terlebih secara ukuran memang 2/3 danau ini masuk ke area Sumatera Selatan. Sisanya yang 1/3 masuk wilayah Lampung Barat. Namun demikian spot yang disajikan dari sudut Lampung tak kalah menarik dengan Sumatera Selatan yang memiliki area lebih luas.

Saat pagi tiba dan berada di Danau Ranau ada baiknya berjalan ke mata air hangat. Jaraknya yang tidak begitu jauh dari penginapan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Pada saat-saat tertentu akan menampilkan spot menarik terutama kala senja dimana ada pencari ikan sedang memetik hasil buruannya. Tak jarang para wisatawan membunuh waktu sembari menunggu senja di bibir danau.

Warga sekitar danau masih mampu menjaga ekosistem dengan baik. Mereka tidak ada yang berburu dengan cara berlebihan semisal menggunakan alat modern. Semua masih menggunakan alat tradisional dan hasilnya pun lebih banyak dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari.

Salah satu yang menarik di danau ini selain ada pulau di tengahnya tentu saja terkait ukurannya yang sangat besar. Sejauh mata mamandang seolah tanpa batas bagaikan hamparan samudera yang tenang. Wajar saja bila danau ini dikatakan danau paling luas di Sumatera setelah Danau Toba.

Bila berkunjung ke Danau Ranau sebenarnya ada penginapan yang cukup terkenal. Namun bila dana kurang mencukupi ada baiknya mencari penginapan yang terjangkau semisal penginapan milik Dinas Perikanan Lampung Barat.

Tapi kalau niatnya backpacker dan membawa tenda bisa mendirikannya disekitar danau dengan meminta ijin warga terlebih dahulu. Keuntungan utama membangun tenda disisi danau tentu saja bisa memuaskan mata untuk memandang sunrise dan sunset.




0 komentar

Posting Komentar