Minggu, 26 November 2017

Hutan Wanagama yang Bukan Hanya Sekedar Hutan

Pada awalnya, Wanagama adalah daerah yang sangat gersang. Namun daerah ini telah disulap menjadi hutan oleh Prof. Oemi Hani’in dan rekan-rekannya. Saat pertama kali memasuki kawasan ini, kita akan ditemani oleh pepohonan yang berbaris, mulai dari pohon akasia (penghasil bubur kayu yang menjadi primadona banyak perusahaan Hutan Tanaman Industri), pohon kayu putih (mengandung minyak atsiri yang berkhasiat ntuk menghangatkan badan), pohon pinus (meneduhkan), hingga pohon cendana.

jelajahjogja.com
Salah satu pohon yang mendunia adalah pohon peninggalan Pangeran Charles yang berkunjung ke Wanagama pada tahun 1989, pohon itu adalah pohon jati (Tectona grandis). Pohon jati terkenal karena keawetan dan kekuatannya. Selain pohon, Pangeran Charles juga meninggalkan rute yang menjadi favorit para pengunjung, yaitu dari Wisma Cendana dan berakhir di Bukit Hell.

Ternyata, hutan Wanagama disebut juga miniatur hutan loh! Hutan itu disebut seperti itu karena didalamnya terdapat berbagai jenis tanaman dan pohon dari berbagai daerah. Tidak hanya tanaman dan pepohonan yang ada di sana, Wanagama juga memiliki beberapa sungai loh! Sungai itu meliputi Sungai Oya, Sendang Ayu, dan Banyu Tibo.

Sangat segar dan sejuk rasanya ketika memkamungi keindahan sungai-sungai itu. Ada satu saluran air yang unik dan bentuknya seperti bukaan lensa kamera. Di dalam hutan itu juga ada beberapa jenis hewan seperti unggas, kera dan beberapa jenis reptil.

Wanagama juga merupakan tempat bergantung untuk sejumlah penduduk setempat. Wanagama dan masyarakat melakukan kemitraan hingga mencapai hubungan saling menguntungkan. Sebagian besar penduduk setempat memelihara sapi dan diperbolehkan menanam rumput kalanjana di lahan-lahan yang masih kosong. Rumput-rumput tersebut digunakan sebagai makanan sapi, dan sebagai timbal baliknya, Wanagama mendapat pupuk kkamung yang berasal dari kotoran ternaknya.

Untuk masuk ke hutan Wanagama, kita perlu membeli tiket masuknya sebesar Rp 5.000,- per orang. Di dalam hutan Wanagama juga tersedia berbagai fasilitas, diantaranya Camping Ground, aula untuk tempat pertemuan, sarana out bond, trek wisma, air bersih, wc, dan lain lain.


0 komentar

Posting Komentar