Minggu, 26 November 2017

Pulau Tinabo, Pulau Terpencil yang Indah

Pulau Tinabo merupakan salah satu bagian dari wisata Taman Nasional Taka Bonerate. Letaknya di Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan, dan jaraknya sekitar 300 kilometer dari Makassar. Untuk menuju ke Pulau Tinabo ini, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, baik dari darat, laut, atau pun udara.

blog.reservasi.com
Jika perjalanan untuk menuju ke Pulau Tinabo dimulai dari Makassar, maka kamu tinggal melanjutkan perjalanan menuju ke Tanjung Bira dengan waktu tempuh sekitar delapan jam. Kemudian dari Tanjung Bira dilanjutkan menuju Pelabuhan Pamatata Selayar dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Dari Pelabuhan Pamatata Selayar, perjalanan dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Kota Benteng, dan setelah itu menuju ke Pelabuhan Patumbukan. Dari Pelabuhan Patumbukan, Anda tinggal menyebrang ke Pulau Tinabo menggunakan speed boat yang bisa disewa. Waktu perjalanan yang di tempuh menggunakan speed boat sekitar dua jam.

Ketika sampai di sana, di dermaga Pulau Tinabo, kamu akan di sambut oleh pelangi yang sangat menawan yang melintang di atas pulau ini. Benar-benar kejadian yang langka bukan? Namun tak semua pengunjung bisa melihatnya ketika mengunjungi Pulau Tinabo, karena tidak setiap saat pelangi itu ada.

Kamu tak perlu heran ketika sampai sana, pulau tersebut terlihat sangat sepi. Yaa, memang karena Pulau Tinabo pulau yang sangat sepi dan minim cahaya. Tapi justru itu yang akan membuat Anda betah di sana, kamu bisa beristirahat dan menikmati liburan yang indah dengan tenang di pulau tersebut.

Tak hanya itu saja, di sana kamu juga bisa melihat sunset dan sunrise, benar-benar indah bukan? Selain itu, air laut di sana juga masih berwarna biru jernih dan sangat indah. Apalagi ketika kamu menilik ke bawah laut, kamu pasti akan langsung terkesan. Bagaimana tidak? Pemandangan bawah laut di Pulau Tinabo benar-benar menakjubkan! Yang lebih uniknya lagi, di pulau ini kamu bisa menyelam bersama baby shark, penyu, dan kima (kerang laut raksasa). Pantas saja pulau ini menjadi salah satu surga bagi pecinta diving.

Nah, saat malah hari tiba, kamu akan benar-benar terkesan ketika menatap langit karena kamu bisa melihat milky way! Deretan bintang yang menyerupai lautan! Yang lebih-lebih mengesankan, deretan bintang itu tetap terlihat jelas walau tak menggunakan alat bantu apa pun! Benar-benar surga dunia bukan? Selain itu, ketika kamu mendatangi kanan dan kiri dermaga Tinabo, kamu akan menemukan banyak ikan warna-warni yang cantik dan koral yang bagus.

Untuk masuk ke Pulau Tinabo yang indah ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 2.500 per orang. Tak terlalu mahal bukan? Kemudian untuk diving, biaya ijinnya hanya sekitar Rp 50.000 per orang (belum termasuk biaya guide). Jika kamu berlibur ke Pulau ini bersama keluarga dan tak ingin tinggal hanya beberapa saat di sina, kamu tak perlu risau, karena di Pulau Tinabo juga disediakan penginapan yang bernama Tinabo Island Resort. Untuk biaya sewa kamar, kamu hanya memerlukan uang sekitar Rp 200.000 per malam (belum termasuk biaya makan), dan kamu sekeluarga bisa menginap dan tinggal lebih lama di Pulau Tinabo!

Meskipun perjalanannya jauh dan memakan waktu lama, tapi bisa dipastikan kamu akan senang ketika sampai disana. Lelah, kantuk, dan semua perjuanganmu akan terbayar lunas setelah sampai di pulau tersebut. Memang kebanyakan tempat yang indah dan menarik berada di tempat terpencil. Tapi justru karena itulah kealamian tempat wisata tersebut tetap terjaga sehingga selalu disegani oleh orang-orang.

0 komentar

Posting Komentar