Rabu, 31 Januari 2018

Curug Citambur Wisata Alam Cianjur, Harga Tiket Masuk + Peta Lokasi


Curug Citambur adalah salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Cianjur bagian selatan. Air terjun ini punya ketinggian sekitar 130 meter. Tempat ini hingga kini masih terjaga kealamiannya, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk melihat pemandangan alam dengan suasana petualangan.


http://denisugandi.com
Air Terjun Cianjur ini memang patut untuk dicoba. Kondisi alamnya yang diselimuti kabut tipis dengan udara yang sejuk di pagi hari membuat sensasi yang khas. Kondisi jalannya yang masih alami dan belum banyak terjamah membuat tempat ini menjadi salah satu surga tersembunyi yang ada di Cianjur.

Penamaan Curug Citambur ini berasal dari bahasa Sunda yakni Ci yang artinya air, dan Tambur yakni alat musik yang dipukul. Kabarnya, penamaan curug ini dilatarbelakangi air terjun dari atas tebing mengeluarkan suara berdegum yang mirip seperti suara alat musik yang dipukul.

Panorama alamnya yang indah menjadi salah satu daya tarik dari air terjun citambur tersebut. Meskipun perjalanannya lumayan jauh, hal itu tidak akan membuat Anda menyesal, karena pemandangan di tempat ini sangat indah.

Wisata curug ini dikatakan sebagai salah satu curug tertinggi di Jawa Barat. Pada bagian bawah air terjun, ada sebuah kolam tempat curahan air yang jatuh dari atas tebing. Tingginya kejatuhan air tersebut membuat volume air yang jatuh menjadi besar dan menghasilkan cipratan air yang siap membuat basah baju yang Anda pakai ketika berada dekat dengan kolam itu. Dari kolam tersebut, air akan mengalir menuju air terjun yang lebih kecil di bawahnya.

Ada sebuah legenda dari curug ini, yakni adanya kerajaan tanjung anginan yang menggunakan curug tersebut. Air terjun ini juga seringkali kedatangan orang untuk bersemedi. Hal ini digunakan sebagai sarana untuk memperoleh hajat yang diinginkan. Mereka yang datang ke tempat ini untuk bersemedi ternyata beranggapan bahwa curug tersebut punya kekuatan supranatural.

Debit aliran airnya sangat deras dengan ketinggiannya sekitar 100 – 120 meter sehingga jangan mencoba untuk mandi di bawahnya karena akan terasa sakit jika terkena hempasan air yang sangat deras tersebut. Sebaiknya Anda menggunakan sepatu, karena kondisi jalan di sekitarnya terbilang cukuo licin sehingga Anda harus lebih berhati-hati. Waktu yang bagus datang ke sini, adalah pagi hari. Jika datang sore hari, maka usahakan untuk keluar lokasi sebelum matahari terbenam karena jalan di sekitarnya masih belum ada penerangan.

Meskipun lokasinya tersembunyi, fasilitas yang ada terbilang cukup lengkap, beberapa fasilitas yang ada yakni musholla, area parkir, toilet, dan kedai makanan. Para pengunjung bisa mengunakan berabgai fasilitas tersebut.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Curug Citambur

Untuk memasuki wisata air terjun tersebut, Anda biasanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 3.000 Rupiah setiap orangnya. Jika Anda menggunakan sepeda motor, maka ada biaya parkir 2.000 Rupiah, sedangkan jika membawa mobil dikenakan biaya parkir 5.000 Rupiah. Jam buka curug ini yakni 24 jam dalam setiap harinya.

Peta Lokasi Curug Citambur

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke wisata air terjun ini, maka perlu tau lokasinya dulu. Lokasi curug tersebut berada di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Anda bisa berkunjung ke wisata ini menggunakan berbagai transportasi, baik itu kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Aksesnya juga terbilang mudah. Apabila Anda merasa kesulitan menemukannya, maka bisa melihat lokasinya di aplikasi google maps pada ponsel yang tersedia.

Ingin berkunjung ke Curug Citambur yang indah ini? Nikmati keindahan panorama alam dan dolanyok.com serta sejuknya wisata ini.

0 komentar

Posting Komentar