Flora Dan Fauna Indonesia

Indonesia memang benar-benar merupakan negara yang kaya. Negara kita banyak memiliki fauna khas yang memang hanya ada di Indonesia dan tersebar dari sabang sampai merauke. Ini karena wilayah indonesia memiliki hutan yang sangat luas yang banyak di tempati oleh hewan - hewan. langka.  Hewan langka di indonesia, adalah hewan yang statusnya dilindungi oleh negara, artinya hewan ini tidak boleh di bunuh atau di jual belikan. Dan jika ada  yang membunuh atau menjual belikan hewan yang dilindungi makan akan dikenakan sanksi hukum.

Indonesia merupakan wilayah di dunia yang mempunyai beragam jenis flora langka yang hanya ditemukan tumbuh di wilayah Nusantara. Keberadaan  jenis tumbuhan langka di Indonesia telah terkenal hingga ke penjuru dunia sehingga banyak menarik para wisatawan yang khusus datang untuk melihatnya. Namun, di balik itu semua keanekaragaman dari bunga langka ini kurang mendapat perhatian dari badan-badan konservasi yang ada di Indonesia. Hal ini terlihat dari kian maraknya kegiatan penebangan hutan yang dilakukan secara liar dapat mempengaruhi habitat dari kekayaan flora Indonesia ini.

Flora Dan Fauna Indonesia
Orang Utan (Pongo Pygmaeus)
Indonesia memiliki beragam kekayaan spesies hewan darat dan laut. Hal itu dipengaruhi oleh tanahnya yang subur dari lava gunung berapi dan kandungan mineral yang terdapat di tanah dan di laut apalagi iklim sedang di Indonesia berlangsung sepanjang tahun.

Elang Jawa
Flora dan fauna Indonesia dibagi berdasarkan garis imajiner yang bernama Garis Wallace. Garis ini terbentang antara Bali dan Lombok, berlanjut ke utara antara Kalimantan dan Sulawesi. Di bagian barat Garis Wallace, flora dan fauna-nya berasal dari Asia, sedangkan di bagian timur garis, berkumpul flora dan fauna serupa dengan yang ada di Australia.

Komodo
Keberagaman tumbuhan di negara kepulauan dipengaruhi curah hujan dan ketinggian tanah. Di pulau yang curah hujannya tinggi seperti Sumatra, Kalimantan, dan Papua maka hutan hujan menutupi sebagian besar wilayah yang luas tersebut. Hutan-hutan ini kaya akan kayu yang berharga, pohon-pohon beraroma, rempah-rempah, juga buah-buahan tropis yang eksotis. Di negeri ini Anda dapat menemukan bunga Rafflesia arnoldi di Bengkulu sebagai salah satu bunga raksasa yang unik di dunia. 

Orangutan Satwa Indonesia sangat beragam, mulai dari rusa Jawa (atau kancil), badak bercula satu hingga orangutan di Sumatra dan Kalimantan, anoa di Sulawesi, komodo di NTT serta burung cenderawasih yang elok dan ceria di Papua.

Rafflesia arnoldi
Untuk melestarikan flora dan fauna yang unik ini, pemerintah Indonesia telah membuat 44 taman nasional tersebar di seluruh Nusantara, baik itu  di darat maupun di laut. Banyak cagar alam menawarkan paket ekowisata atau taman botanical hingga kebun binatang.

Belum ada Komentar untuk "Flora Dan Fauna Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel