Jumat, 06 Juni 2014

Indahnya Pantai Karang Bolong Andalan Kebumen

Indahnya Pantai Karang Bolong Andalan Kebumen-Berbatasan dengan Samudra Hindia di bagian selatan, kabupaten Kebumen di Jawa Tengah memiliki beberapa pantai yang cukup cantik. Walaupun tak seindah pantai-pantai di Indonesia Timur, pesona pantai di Kebumen tetap menarik untuk dikunjungi.

Indahnya Pantai Karang Bolong Andalan Kebumen

Ada sebuah pantai di Kebumen Jawa Tengah yang memiliki pesona unik dan sangat menarik. Nama pantainya adalah Pantai Karangbolong. Dari namanya, sudah bisa dibayangkan bagaimana topografi pantai yang satu ini. Pantai ini berkontur landai dengan pasir yang cukup luas dan dibatasi oleh perbukitan batuan sedimen yang berasal dari gunung api. Di pantai ini juga terdapat banyak sarang burung walet yang dikelola pemerintah setempat sebagai pendapatan asli daerah.

Ada banyak aktifitas yang dapat dilakukan di pantai Karang Bolong ini. Wisatawan dapat menggelar tikar, lalu duduk-duduk di pinggir pantai menikmati semilir angin laut dan deburan ombak. Atau duduk sambil menikmati kelapa muda dan menikmati semangkuk bakso hangat serta bercengkrama dengan rekan seperjalanan. Ada pula beberapa batu besar yang dapat wisatawan jadikan tempat duduk sambil menikmati pemandangan laut yang indah.

Saat laut surut, wisatawan dapat menyusuri karang yang tidak tenggelam. Pantai Karang Bolong mempunyai potensi membentuk arus balik yang kuat, sehingga merupakan kawasan yang berbahaya untuk berenang. Namun jangan khawatir, agak sedikit ke kanan ada pantai berpasir yang bisa dipakai untuk berenang dan bermain air.

Indahnya Pantai Karang Bolong Andalan Kebumen

Ingin mencoba yang sedikit menantang? Wisatawan bisa menyewa banana boat dengan harga sekitar Rp 20.000/orang dan kapasitasnya delapan orang. Bersiaplah untuk basah-basahan karena akan dijatuhkan di air. Tetapi, jika tidak mau basah-basahan, Wisatawan dapat naik spead boat yang menarik banana boat untuk merasakan serunya mengelilingi laut.

Tidak ingin bermain air? Wisatawan dapat tracking menuju puncak karang. Anak tangganya sedikit sempit dan berkelok, namun pemandangan indah disekitarnya membuat wisatawan tidak merasa lelah. Sampai di atas, akan disuguhkan pemandangan indah laut yang biru dan anak Gunung Krakatau dari kejauhan. Wisatawan dapat bersantai di sini sambil menikmati deburan ombak dan semilir angin laut.

Selain itu, di Pantai Karang Bolong wisatawan bisa menyalurkan hobi memancingnya. Di kawasan ini ikan-ikan sangat melimpah. Wisatawan bisa menikmati sensasi memancing di laut lepas. Dan dijamin tidak akan bosan saat menunggu umpan pancingnya di makan ikan. Karena bisa sambil menikmati pemandangan alamnya yang memesona.

Di kawasan pantai ini juga terdapat Gua Karang Bolong yang terletak di sisi timur. Sebuah lorong yang cukup panjang mencapai 30 meter dengan lebar 10 meter dan tinggi sekitar 5 meter. Karena bukan gua batu gamping, di dalam Goa Karang Bolong tidak dijumpai ornamen seperti stalaktit.

Indahnya Pantai Karang Bolong Andalan Kebumen

Jangan takut kelaparan, ada cukup banyak penjual makanan dan minuman yang dapat wisatawan beli dengan harga yang tidak terlalu mahal. Di kawasan ini pula terdapat cukup banyak penjual pakaian dengan nuansa pantai yang dapat dijadikan oleh-oleh. Jika berencana akan menginap, wisatawan juga bisa memilih penginapan di sekitar pantai Karang Bolong yang sesuai dengan budgetnya.

Aksesibilitas


Untuk dapat mengunjungi pantai Karang Bolong, anda dapat menempunya dari kota Gombong ke selatan yang berjarak lebih kurang 18 km , dan kira-kira memakan waktu 30 menit. Anda bisa menggunakan baik kendaraan roda dua atau roda empat. Bagi para backpacker anda bisa naik angkutan umum , karena ada yang melayani dari kota gembong hingga pantai Karang Bolong. Selain akses dari kota Gombong , anda juga bisa memulai start perjalanan dari Kecamatan Puring ke barat dengan jarak sekitar 10 km.
 

Fasilitas


Bagi anda yang ingin menginap , untuk berlama-lama disini anda bisa menginap di penginapan berbagai kelas dan harga. Jika anda backpacker , anda bisa mendirikan tenda di sekitar pantai karena ada spot camping gound. Ada juga beberapa kafe, atau warung-warung untuk menikmati makanan di pinggir pantai.
 

Harga Tiket


Harga tiket masuk untuk pengunjung hanya 10.000 Rupiah per orang , sedangkan jika anda membawa mobil dikenakan biaya 10.000 untuk parkir . Ada juga penyewaan ban , jika anda tidak bisa berenang atau takut tenggelam.

Pantai Karangbolong termasuk pantai yang lumayan ramai. Setiap harinya ada saja pengunjung yang datang untuk menikmati suasana pantai di pantai Karangbolong. Yuk kita intip Indahnya Pantai Karang Bolong Andalan Kebumen ini.

0 komentar

Posting Komentar