Selasa, 03 Oktober 2017

Pantai Pintu Kota, Destinasi Wajib Saat Berkunjung ke Ambon

Ambon sangat identik dengan keindahan alam yang masih alami. Diantara beberapa objek wisata yang ada tentu menempatkan Pantai Pintu Kota sebagai salah satu destinasi utama.

kanaljogja.id/cmumpuni

Objek wisata dengan ciri khas karang terjal dan lubang yang menganga ini seolah menjadi icon Kota Ambon. Berkunjung ke objek wisata ini membuat siapapun bisa menikmati hamparan laut luas yang berwarna biru.

Untuk mencapai lokasi dibutuhkan waktu sekitar 40 menit dari pusat kota. Lokasi pantai unik ini ada di Dusun Airlouw, Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Ambon.

Jalan yang cukup baik membuat jarak tak begitu terasa. Terlebih pemandangan kiri-kanan masih asri. Bikin hati adem saat melaluinya.

Usut punya usut penamaan Pantai Pintu Kota ini dikarenakan ada lubang besar bagaikan pintu gerbang. Untuk memudahkan bagi wisata yang akan berkunjung maka objek wisata ini dinamakan Pantai Pintu Kota.
kanaljogja.id/cmumpuni

Bahkan ada anekdot, barang siapa yang berkunjung ke Maluku jangan ngaku pernah ke Ambon bila belum menyambangi Pantai Pintu Kota. Oleh karena itu bagi siapa saja yang hendak berkunjung ke daerah yang terkenal dengan gudang pesepak bola muda ini melewatkannya.

Pastikan bila berkunjung ke Pantai Pintu Kota memiliki fisik yang prima. Selain perjalanan yang lumayan dari lokasi parkir hingga bibir pantai. Kondisi yang curum membuat siapa saja harus hati-hati terlebih pada saat musim hujan tiba.

Pantai Pintu Kota berbeda dengan pantai pada umumnya yang berpasir. Tembok cadas berwarna coklat menjadi dominasi utama.
kanaljogja.id/cmumpuni

Puas bermain air dan mengambil gambar dengan background karang bolong ada baiknya naik ke atas bukit. Dari puncak ini dapat melempar pandangan sejauh mungkin.

Angin yang cukup kencang membuat siapa saja harus ekstra hati-hati. Terutama saat musim hujan karena selain berada di ketinggian juga menjadikan jalanan becek.

Uniknya untuk sampai ke puncak bila enggan berjalan kaki bisa menggunakan roda dua. Perlu diingat saat parkir jangan persis ada di di bibir tebing.

Bila lelah datang sebelum pulang ada baiknya menikmati kelapa muda yang dijajakan penduduk sekitar. Tak ada salahnya juga untuk bercengkerama dengan sesaat karena mereka cukup ramah dan bisa memberikan informasi menarik seputar Pantai Pintu Kota.

1 komentar:

  1. Pantai, salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit saya.

    BalasHapus