Sabtu, 12 Mei 2018

Siapkan 4 Hal Ini Sebelum Wisata di Jogja

Jogja adalah salah satu gudangnya tempat wisata di Indonesia. Beragam tempat wisata tersedia di sana. Mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata kuliner, wisata budaya hingga wisata belanja. 
 
facebook.com/evy.rossyana
Semua itu tersedia di Jogja. Jadi tak salah bila banyak wisatawan datang ke Kota Wisata ini, baik itu wisatawan Nusantara ataupun wisatawan mancanegara. Jogja bahkan menjadi salah satu provinsi dengan jumlah wisatawan mancanegara tertinggi di Indonesia setelah Bali.
 
Tak hanya itu, jika dinilai dari segi pengelolaan, Jogja juga merupakan provinsi yang sangat memperhatikan betul potensi wisata yang mereka miliki. Sehingga banyak tempat wisata di Jogja telah terkelola dengan baik. 
Namun perlu diketahui kalau masih ada beberapa lokasi wisata di Jogja yang belum memiliki akses secara memadai. Khususnya ketersediaan kendaraan umum. Untuk itu, sebelum ada berwisata ke jogja, ada baiknya ada siapkan beberapa hal. 

Tips berwisata di Jogja

Hal yang perlu ada persiapkan di bawah ini hanyalah berupa tips berwisata saja. Untuk realisasinya sangat tergantung dengan kondisi riil anda yang sebenarnya. Misalnya anda punya tempat tinggal di Jogja, maka anda tak perlu mempersiapkannya kembali. Untuk lengkapnya, berikut hal - hal yang harus anda siapkan sebelum wisata di Jogja. 

1. Siapkan Kendaraan

Jogjakarta itu provinsi istimewa dengan cakupan yang luas. Tidak semua daerah bisa kamu akes hanya dengan sejam dua jam. Untuk keliling Jogja, kamu membutuhkan waktu berjam-jam. 

Bahkan dari Prambanan ke objek wisata di kabupaten Gunungkidul saja, kamu butuh waktu minimal dua jam. Itu belum kalau ditambah dengan jalan menuju ke tempat wisata yang umumnya tidak tersedia kendaraan umum. 

Jadi kalau kamu memang benar-benar ingin keliling Jogja dan merasakan semua sensasi wisata di sana. Kamu harua menyiapkan kendaraan apa yang akan kamu gunakan untuk keliling. Ada beberapa alternatif yang bisa kamu pilih.

·       Bawa kendaraan pribadi. Kamu bisa membawa kendaraan pribadi entah itu mobil atau motor. Terserah mana yang lebih nyaman. Tapi kalau memang lokasi kamu jauh. Lebih baik gunakan mobil. Terutama kalau kamu jalannya bersama-sama dengan teman kamu atau keluarga. 

Tapi kalau cuma jalan sendirian, menggunakan motor tidak jadi masalah. Apalagi motor bisa menebus jalan lebih cepat sekalipun jalan dalam keadaan macet. Perlu kamu tahu juga, ada beberapa lokasi wisata yang tidak bisa diakses dengan kendaraan roda empat. 

Membawa kendaraan pribadi atau berkendara sendiri sejak dari lokasi keberangkatan kamu. Tentu mode ini tidak bisa kamu lakukan bila lokasi asal kamu jauh. Misalnya kamu dari Jakarta saja. Lebih baik menggunakan transportasi publik semisal pesawat atau kereta api, baru kalau sampai Jogja pilih sewa kendaraan. 

·         Sewa kendaraan di Jogja. Ya, arternatif berikutnya buat kamu yang tidak membawa kendaraan pribadi adalah sewa mobil di Jogja. Tenang saja, di kota ini ada banyak jasa yang menyewakan kendaraan untuk kamu gunakan. Harganya juga relatif terjangkau. 

Ingat di Jogja segala hal masih bisa di dapatkan dengan murah. Sebut saja kamu bisa sewa di Omocars Sewa kendaraan juga bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang tidak ingin lelah perjalanan berangkat dan pulang karena harus bawa kendaraan sendiri. 

·         Backpackeran. Alternatif berikutnya kamu juga bisa backpackeran. Kamu bisa menyusuri sudut - sudut Kota Budaya dengan jalan kaki. Hanya saja untuk pilihan yang satu ini, akses kamu menuju tempat-tempat wisata di Jogja akan sangat terbatas. 

Terutama untuk kamu yang hanya memiliki waktu terbatas. Beda cerita kalau kamu memiliki waktu yang sangat banyak. Alias mau pulang kapan saja tak jadi masalah. Maka backpacker bisa jadi pilihan yang menyenangkan.

Diantara semua pilihan yang tersedia, agar bisa menikmati seluruh tempat wisata yang ada di maka pilihan terbaiknya adalah dengan sewa kendaraan. Sekaligus, kamu juga bisa bertanya pada pemilik kendaraan, model kendaraan seperti apa yang paling cocok kamu gunakan ke lokasi wisata tertentu.

2. Siapkan Kamera

Berwisata tanpa mengabadikan momen yang ada melalui jepretan kamera terasa kurang. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan perlengkapan dan peralatan untuk mengabadikan setiap momen yang kamu lalui. Ada beberapa pilihan kamera yang bisa kamu gunakan menemani wisata antara lain.

·         Kamera DSLR. Pilihan terbaiknya adalah menggunakan kamera DSLR untuk menghasilkan karya seni yang cukup baik. Detail fotonya juga sangat bagus. Hanya saja kamera ini memiliki kelemahan pada ukuranya yang cukup besar sehingga tidak efisien membawanya.

·         Kamera HP. Yang lebih efisien jika dibanding dengan kamera DSLR adalah membawa hp flagship saja yang umumnya dibekali dengan kamera yang cukup mempuni. Hanya saja untuk sisi hasil, kamera hp masih berada di bawah kamera DSLR. 

·         Kamera Mirrolles. Kalau ingin menghasilkan jepretan hampir setara dengan kamera DSLR tapi punya ukuran yang tidak terlalu besar, kamu biaa gunalan kamera mirrolles. Kamera jenis ini punya ukuran layaknya kamera digital.  

Selain membawa kamera bisa juga menyertakan tongsis/tripod. Tongsis atau tripod ini akan membantu dalam proses pengambilan gambar sehingga menghasilkan gambar yang ciamik. Tak lupa bawa charger atau baterai cadangan. Jangan sampai proses pengambilan gambar terhenti karena kehabisan daya.

3. Penginapan

Berikutnya ada baiknya kamu siapkan penginapan. Bagaimanapun liburan tidak akan nyaman bila hanya berkunjung ke Jogja sehari saja. Ingat kamu perlu istirahat selama berwisata di Jogja. Untuk itu siapkan penginapan dan ada beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan: 

·         Hotel / homestay. Memang untuk di Jogja, lebih banyak hotel ketimbang homestay. beda bila kamu berwisata di Karimun Jawa yang lebih banyak homestay. Untuk harga hotel di Jogja tiap malam juga relatif murah. Bahkan disekitar tempat wisata banyak tersedia di harga mulai Rp 100.000,- . Tentu saja semua itu tergantung kelas hotel yang kamu pilih.

·         Menginap di rumah teman. Kalau kamu tak ingin mengeluarkan biaya, hubungilah teman di Jogja kamu dan tinggal lah di rumahnya selama kamu liburan di sana. Tenang saja, orang Jogja dengan sangat terbuka menerima kamu menginap tanpa biaya sepeserpun, sebagaimana orang Jawa lainya.

·         Buat tenda. Tapi buat kamu yang lebih suka hidup bebas, kamu bisa pilih untuk membuat tenda. kamu bisa membawa tenda lalu mendirikan tenda dekat dengan tempat wisata. pilihan ini murah sekaligus menyenangkan khusunya yang berbasis alam.

4. Dana dan Tenaga
 
Oh ya, terakhir jangan lupa siapkan dana dan tenaga ya. Bagaimanapun menyusuri kota Jogja dan segala wisata yang ada di sana membutuhkan tenaga dan dana. Jadi siapkan semua itu.


0 komentar

Posting Komentar