Senin, 05 Mei 2014

Daftar Wisata Di Gorontalo

Daftar Wisata Di Gorontalo-Gorontalo adalah provinsi yang ke-32 di Indonesia. Sebelumnya Gorontalo merupakan wilayah Kabupaten Gorontalo dan Kota Madya Gorontalo di Sulawesi Utara. Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah berkenaan dengan otonomi daerah, provinsi ini kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, tertanggal 22 Desember 2000.

Kota Gorontalo adalah sebuah kota tua, sebelumnya dikenal dengan daerah Kota yang memiliki sejumlah bangunan tua khas daerah ini & masih banyak rumah panggung yang dapat ditemukan di sepanjang jalan di kota. Sebagai ibu kota Provinsi Gorontalo merupakan kepulauan yang terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi, jika dilihat dari peta dunia terlintas garis  khatulistiwa sehingga tidak berlebihan jika Kota Gorontalo di Indonesia disebut sebagai zamrud khatulistiwa yang memiliki daya tarik tersendiri.
Daftar Wisata Di Gorontalo
Peta Gorontalo

Potret masyarakat Gorontalo dari sebelum kemerdekaan sampai sekarang, adalah sebuah masyarakat yang sangat kental dengan paduan nuansa Masyarakat dan Agama. Refleksi persimpangan antara aspresiasi dari tradisi budaya dan agama sangat mendominasi sehingga sebagai filsafat hidup “ADAT BERSENDIKAN SARA, SARA BERSENDIKAN KITABULLAH” filsafat yang merupakan landasan bersama warga Gorontalo sehingga dapat hidup harmonis dan dalam kehidupan sehari – hari masyarakat Gorontalo yang semakin terbuka dengan Dunia Luar, Menjunjung Tinggi demokrasi di Jaman modern dan referensi nilai dan sistem etis.

Provinsi Gorontalo sebagian besar terdiri dari daerah pegunungan yang membentang dari utara ke selatan provinsi ini. Panorama Pegunungan Gorontalo sangat menakjubkan. Gunung-gunung dan hutan adalah rumah-rumah bagi flora dan fauna unik. Anoa, tarsius, burung maleo, dan babi rusa adalah salah satu spesies langka yang dapat Anda ditemukan di sini. Maleo, misalnya, adalah spesies burung yang telurnya lebih besar dari tubuhnya sendiri. Sementara Tarsius adalah primata terkecil di dunia, tetapi memiliki panjang sekitar 10 cm. Nah berikut Daftar Wisata Yang ada di Gorontalo :

Daftar Wisata Di Gorontalo
  1. Danau Limboto
  2. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone
  3. Benteng Otanaha
  4. Monumen Nani Wartabone
  5. Pentadio Resort
  6. Pantai Balihutuo
  7. Pelabuhan Gorontalo
  8. Pantai Leato
  9. Gorontallo Mall
  10. Pantai Indah Pohe
  11. Monumen H.Nani Wartabone
  12. Pantai Indah Lahutole
  13. Pantai Teluk Tomini
Indonesia selalu kaya dengan keanekaragaman budaya, cita rasa dan potensi alam nusantara yang tersebar pada daerah masing-masing Provinsi. Gorontalo ternyata memiliki potensi yang demikian. Selain memang terletak di wilayah Sulawesi bagian utara, Gorontalo merupakan penghasil dan pengekspor tanaman jagung di Indonseia. Hal ini diperkuat dengan dengan adanya penggunaan jagung sebagai makanan khas dari Gorontalo. Gorontalo memiliki berbagai makanan khas yakni : Sabongi, Bindhe Biluhuta, Lalampa, Kuah Ilahe dan Ikan Bilendhango, Ilabulo, Ikan garo.

Berbagai olahan dari jagung selalu disajikan, ada yang berupa kokole, balo binde, binde biluhuta dan lain sebagainya. Namun yang paling diunggulkan adalah binde biluhuta, yaitu makanan yang berasal dari jagung yang direbus dan kemudian diberikan bumbu parutan kelapa, daun bawang, daun kemangi, ebi, kecap, bawang goreng, jeruk nipis, dan cabe rawit yang sudah diulek hingga halus.

Demikian Artikel yang berjudul Daftar Wisata Di Gorontalo yang bisa share. Jika ada tempat yang belum saya sebutkan, mungkin sobat bisa menambahkan di kolom komentar yang sudah disediakan. Terimakasih

0 komentar

Poskan Komentar