Sabtu, 10 Mei 2014

Daftar Wisata Di Papua Barat

Daftar Wisata Di Papua Barat-Papua Barat yang berpusat atau beribukota di Manokwari memiliki Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang terletak di Kabupaten Teluk Wondama dan merupakan wisata alam utama di Papua Barat. Taman Nasional Teluk Cendrawasih membentang dari timur Semenanjung Kwatisore sampai utara Pulau Rumberpon dengan panjang garis pantai 500 km, luas darat mencapai 68.200 ha, luas laut 1.385.300 ha dengan rincian 80.000 ha kawasan terumbu karang dan 12.400 ha lautan. Tentunya di sinilah jangan sampai Anda terlewat datang untuk menikmati keindahan pantai dalam wisata bahari di Raja Ampat.

Inilah tempat tepat untuk Anda menikmati keindahan alam dan bawah air yang dikenal sebagai surga bawah laut. Memiliki warisan budaya yang menarik, pemandangan situs lukisan kuno di tebing karang, atau melihat atraksi langka mamalia raksasa di sekitar perairan. Nama Papua mengacu pada sebagian barat Pulau Papua. Provinsi Papua juga dikenal dengan nama Irian Jaya Barat. Batas geografis provinsi ini adalah Samudera Pasifik di utara; Laut Seram di barat; Laut Banda di selatan; dan provinsi Papua di timur. 

Daftar Wisata Di Papua Barat
Peta Papua Barat
Di Papua Barat juga telah ditemukan oleh tim ekspedisi speologi Perancis sebuah gua yang diklaim sebagai gua terdalam di dunia. Gua ini diperkirakan mencapai kedalaman 2000 meter. Terletak di kawasan Pegunungan Lina, Kampung Irameba, Distrik Anggi, Kabupaten Manokwari. Kawasan pegunungan di Papua Barat masih menyimpan misteri kekayaan alam dan keindahan yang sangat mengagumkan.

Batas geografis provinsi ini adalah Samudera Pasifik di utara; Laut Seram di barat; Laut Banda di selatan; dan provinsi Papua di timur. Secara administratif, Provinsi Papua Barat terdiri dari 8 kabupaten dan 1 kotamadya yaitu kabupaten Fak-fak, Kaimana, Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Manokwari, Sorong Selatan, Sorong dan Raja Ampat serta kotamadya Sorong. Provinsi ini memiliki 103 kecamatan, 47 desa dan 1153 kampung.

Papua Barat adalah Provinsi dengan Ibu kota Manokwari, dan mempunya banyak sekali obyek wisata antara lain obyek Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Budaya, Wisata Minat Khusus, Wisata Kuliner, Wisata Olah Raga, Wisata Belanja , dari sekian banyak obyek Wisata Papua Barat yang sangat terkenal yaitu obyek wisata alam Perairan Raja Ampat, Pulau Mansinam, Situs Purbakala Tapurarang, dan Teluk Triton.

Provinsi ini juga memiliki potensi sumber daya alam yang berlimpah ruah meliputi perkebunan, pertambangan, hasil hutan, dan eko-wisata. Mutiara dan rumput laut merupakan barang pokok dalam perdagangan di kabupaten Raja Ampat. Sedangkan kabupaten Sorong Selatan merupakan satu-satunya penghasil kain tenun tradisional yang unik yang disebut baju timor. Berikut Beberapa Daftar Wisata yang ada di Papua Barat :

Daftar Wisata Di Papua Barat
  1. Perairan Raja Ampat
  2. Teluk Tirton
  3. Pulau Mansinan
  4. Situs Purbakala Tapurarang
  5. Kepulauan Wayag
  6. Desa Wisata Arborek, Raja Ampat
  7. Danau Kamaka
  8. Pegunungan Tambrauw
  9. Desa Wisata Saunwandarek
  10. Taman Nasional Teluk Cendrawasih
  11. Teluk Mayalibit
  12. Desa Sawinggrai
  13. Pantai Tanjung Kasuari di Kota Sorong
  14. Pantai Pasir Putih di Kabupaten Manokwari
  15. Air Terjun Sungai Karon di Kabupaten Sorong Selatan
  16. Pulau Tubir Seram di Kabupaten Fak Fak
  17. Danau Tanimaot Distrik Arandai di Kabupaten Teluk Bintuni
  18. Pantai Saonek di Kabupaten Raja Ampat
  19. Cagar Alam Jamusaba di Kabupaten Sorong
  20. Panorama Gunung Botak di Manokwari
  21. Air Terjun Tagor di Kabupaten Tagor
  22. Pantai Teluk Bintuni di Kabupaten Teluk Bintuni
  23. Pantai Sibore di Kabupaten Sorong Selatan
  24. Bendungan Sungai Prafi di Kabupaten Manokwari
  25. Pantai Pasir Putih dan Terumbu Karang di Kabupaten Teluk Wondama
  26. Goa Jepang di Kabupaten Fak Fak
  27. Pulau Buaya di Kota Sorong
  28. Pemandian Air Panas di Kabupaten Manokwari
  29. Danau Tanimut di Kabupaten Sorong Selatan
  30. Batu Lubang di Kabupaten Fak Fak
  31. Danau Kabori di Kabupaten Manokwari
  32. Air Terjun Anemun di Kabupaten Sorong Selatan
  33. Selat Dampir di Kabupaten Raja Ampat
  34. Pantai Bombara di Kabupaten Teluk Bintuni
  35. Kepulauan Wayang di Kabupaten Raja Ampat
  36. Pulau Senapan di Kota Sorong
  37. Pantai Saonek di Kabupaten Raja Ampat
  38. Taman Wisata Gunung Meja di Kabupaten Manokwari
  39. Selat Dampir di Kabupaten Raja Ampat
Kurang Lengkap jika sobat sudah berkunjung tapi tidak menikmati Kuliner yang ada di Papua Barat.  Yaitu Papeda adalah makanan khas Papua yang paling terkenal. Papeda mirip bubur dan paling enak dinikmati panas-panas. Cara memakannya ialah dengan langsung menelannya daripada mengunyahnya karena seperti lem. Papeda terbuat dari sagu yang dibuat memakan waktu cukup lama karena masyarakat Papua harus menebang pohon sagu terlebih dahulu, lalu dibelah dan dikumpulkan bagian dalamnya kemudian dimasak. Papeda akan terasa lebih lezat jika dimakan dengan kuah ikan kuning.

Nah, itulah beberapa Tempat Wisata di Papua Barat yang bisa sobat kunjungi saat berkunjung di pulau tersebut. Mungkin dari daftar diatas adalah sedikit dari banyaknya tempat wisata yang ada di pulau Papua khususnya di bagian barat, dan jika anda ingin berwisata di tempat lain selain tempat wisata di Pulau Papua bagian Barat, bisa anda cari disini

0 komentar

Poskan Komentar