Selasa, 20 Mei 2014

Objek Wisata Kawah Putih Ciwedey Bandung

Objek Wisata Kawah Putih Ciwedey Bandung-Terletak di Rancabali 44 Km dari Kota Bandung, atau tepatnya di Gunung Patuha, sebuah gunung yang terdapat di Jawa Barat. Ketinggian gunung ini adalah 2.386 meter. Kawah dari Gunung Patuha inilah yang dijadikan obyek wisata yang menarik dengan nama Kawah Putih. Untuk masalah keindahan, di Kawah Putih Ciwidey sudah sangat terkenal  dikalangan para wisatawan baik asing maupun domestik. Dan pada setiap akhir pekan objek wisata Kawah Putih Ciwidey selalu Penuh oleh para wisatawan. Dengan suasana yang ramai maka suasana mistis yang di kabarkan memang tak terasa di sini.

Wisata Kawah Putih Gunung Patuha Ciwedey Bandung
Pintu Masuk Kawah Putih
Pemandangan di Kawah Putih sangat indah, air danau berwarna putih kehijauan kontras dengan batu kapur putih yang mengitari danau. Di utara danau berdiri tegak tebing batu kapur berwarna kelabu yang ditumbuhi lumut dan berbagai tumbuhan lainnya. 

Kawah di sini cukup luas. Warna airnya bisa berubah-ubah tergantung cahaya matahari. Asap dari air belerang terkadang timbul sehingga menghalangi pandangan kita. Airnya juga menimbulkan bau belerang. Bila angin sedang bertiup, bau belerang dapat menusuk hidung kita dan membuat kita terbatuk-batuk. Maka, ada beberapa titik pada kawah ini yang dipasangi peringatan agar tidak terlalu dekat untuk menghindari keracunan asap belerang.

Objek Wisata Kawah Putih Ciwedey Bandung

Kawah ini akan memberikan kita pengalaman berbeda. Kita seolah-olah berada di salju karena tanahnya yang putih. Kawah yang luas dan air yang berwarna hijau kebiruan membuat kita seolah-olah berada di pantai. Pohon-pohon yang sebagian besar hanya tinggal batangnya dan sudah kering turut menciptakan suasana yang berbeda. Di sini juga terdapat batu-batu besar yang indah. Keindahan itulah yang membuat tempat ini menjadi tempat favorit bagi calon pengantin untuk melakukan foto prewedding.

Objek Wisata Kawah Putih Ciwedey Bandung

Ada cerita rakyat tentang Kawah Putih yaitu tempat berkumpulnya roh para leluhur. Di Kawah putih terdapat makam para leluhur, di antaranya Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom dan Eyang Jambrong. Salah satu puncak Gunung Patuha, Puncak Kapuk, dipercaya sebagai tempat rapat para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Satru. Di tempat ini masyarakat sesekali melihat secara gaib sekumpulan domba berbulu putih (domba lukutan) yang dipercaya sebagai penjelmaan dari para leluhur.

Transportasi menuju kawah putih dengan menggunkan kendaraan umum / Bus. Banyak sekali Bus antar kota maupun bus antar Provinsi yang menuju kota Bandung. Dari mana saja Anda berasal, rute yang pertama harus anda tempuh adalah menuju terminal Leuwi Panjang Bandung. Kemudian setelah sampai di terminal leuwi panjang dapat dilanjutkan menuju lokasi Kawah Putih menggunakan kendaraan umum sebagai berikut :
  1. Dari Terminal lewi Panjang naik Bus atau Mini Bus (L300) jurusan Bandung - Ciwidey, dan akan berhenti di terminal Ciwidey.
  2. Dari Terminal Ciwidey Naik Angkutan Umum (angkot) jurusan Ciwidey - Situ Patengang, Ciri mencolok dari angkot tersebut berwarna kuning, dan minta turun di pintu Gerbang Kawah Putih
  3. Dari Pintu Gerbang Menuju Lokasi Kawah menggunakan angkutan yang disediakan pengelola Obyek Wisata yaitu mobil shuttle.
Objek Wisata Kawah Putih Ciwedey Bandung

Anda juga dapat menggunakan kereta api ataupun pesawat udara jika berasal dari luar kota. Perjalanan dari pintu gerbang Kawah Putih menuju lokasi puncak brjarak sekitar 5 Km, dengan jalan yang menanjak naik ke atas, tentunya tidak mungkin jika ditempuh dengan jalan kaki. Sehingga untuk mencapai lokasi disediakan alat transportasi yang dinamakan ontang anting dengan tarif Rp 10.000,- tiap orang Pulang Pergi sebagai salah satu sarana pendukung wisata kawah putih Ciwidey Bandung, mobil ini siap mengantar pengunjung dari pintu gerbang menuju lokasi puncak kawah. Nama Ontang Anting diambil dari bahasa sunda yang artinya mondar mandir.

Tiket dan Fasilitas Wisata Kawah Putih Ciwidey :

Tiket: Rp15.000(wisatawan lokal), Rp30.000 [wisatawan asing]
Buka : 07.00 WIB – 17.00 WIB
Fasilitas: Areal Parkir, Kuliner, Kantor Pusat Informasi, Musholla,Penginapan dan masih banyak lagi.

Tersedia dua areal parkir untuk para wisatawan yang berkunjung dengan membawa kendaraan pribadi, kedua tempat parkir tersebut ada yang terletak di bawah dan berada dekat dengan gerbang masuk dan tempat parkir atas yang dekat lokasi kawah.

Tarif Parkir Bawah :

- Kendaraan roda dua / motor  tarifnya sebesar Rp. 5000,-
- Kendaraan roda empat / mobil tarifnya sebesar Rp. 6000,-
Jika kendaraan parkir di bawah untuk sampai ke lokasi puncak kawah dapat dilanjutkan dengan naik ontang-anting dengan tarif seperti yang telah di jelaskan di atas.

Tarif Parkir Atas :

Kendaraan Roda empat / mobil adalah Rp. 150.000,-
Biaya parkir di atas akan dikenakan tarif yang cukup mahal, namun tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk naik ontang-anting, ibarat kata jika kendaraan travel yang anda gunakan memiliki penumpang sejumlah 15 orang maka 150.000 dibagi 15 orang hasilnya sama dengan 10.000, ini akan sama saja dengan biaya yang akan dikeluarkan jika menggunakan jasa ontang anting. Bedanya hanya sedikit yaitu terltak pada pemakaian bahan bakar minyak. Demikian Info Objek Wisata Kawah Putih Ciwedey Bandung yang bisa saya share.

0 komentar

Posting Komentar