Senin, 12 Mei 2014

Wisata Exsotik Di Candi Prambanan Yogyakarta

Wisata Exsotik Di Candi Prambanan Yogyakarta-Dari daftar wisata yang ada di Yogyakarta, Candi Prambanan lah lebih menonjol di banding dengan yang lainya yang berada di Yogyakarta. Candi dengan bentuk penuh keanggunan dan dikenal sebagai salah satu ikon budaya Indonesia. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.

Wisata Exsotik Di Candi Prambanan Yogyakarta
Candi Prambanan
Candi prambanan sangat populer sebagai salah satu candi yang menjadi tujuan wisata, baik wisata domestik maupun luar negeri, candi ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang dimilki bangsa Indonesia. Candi prambanan atau juga disebut candi Rara Jongrang adalah kompleks candi Hindu candi bangsa Hindu terbesar di Indonesia, candi ini dibangun sekitar abad 9 Masehi, candi ini dibangun untuk dipersembahkan untuk tiga dewa utama hindu atau dikenal dengan istilah trimurti, untuk dewa Syiwa, sang penghancur, dan dua yang ada di sampingnya dipersembahkan masing-masing untuk dewa Brahma, dewa pencipta serta dewa Wisnu, dewa pemelihara. Candi yang tertinggi menjulang setinggi 47 meter diantara candi-candi lain di sekitarnya. Letaknya yang tidak jauh dari Candi Borobudur seperti ingin menunjukan kepada Anda tentang keharmonisan antara umat Budha dan Hindu di Pulau Jawa tidak hanya di masa lalu tapi juga saat ini.


Candi yang oleh masyarakat lokal ini dikenal dengan nama Roro Jonggrang, memiliki cerita legenda. Bahwa dahulu kala ada seorang pemuda yang sangat sakti dan kuat yang ingin menikahi putri yang cantik bernama Roro Jonggrang. Sang raja yang juga merupakan ayah dari sang putri pun memaksanya untuk menikah dengan Bandung Bondowoso, Roro jonggrang tidak mencintainya tapi tidak pula bisa menolaknya. Setelah melalui petimbangan yang panjang, akhirnya dia memberikan satu syarat kepada Bandung Bondowoso untuk membangun 1000 buah candi dan berjanji akan menikah dengannya jika syarat itu bisa diselesaikan sebelum fajar menyingsing.

Roro jonggrang meminta agar pekerjaan tersebut selesai sebelum ayam berkokok yang dia pikir sebagai sesuatu yang mustahil. Tapi Bandung Bondowoso yang sakti hampir dapat menyelesaikan 999 candi dengan bantuan jin dan kekuatannya. Roro jonggrang pun meminta para wanita di kampung untuk mulai memukul padi agar para ayam terbangun dan mulai berkokok. Bondowoso sangat kecewa dengan perlakuan Roro Jonggrang, lalu mengubah Roro Jonggrang menjadi batu yang kini dikenal sebagai Candi Prambanan, sedangkan candi di sekitarnya dinamakan Candi Sewu atau Seribu candi.

Wisata Exsotik Di Candi Prambanan Yogyakarta

Relief yang terdapat di dalam  candi menuturkan cerita epik Ramayana. Di dalamnya terdapat barang-barang bersejarah seperti batu Lingga Batara Syiwa sebagai simbol kesuburan. Cerita Ramayana menuturkan kisah Pangeran Rama dan istrinya, Sinta yang sedang berjalan-jalan di hutan. Rama melihat rusa emas di hutan lalu Dia berniat memburunya, namun sebelum itu ia membuat lingkaran yang mengelilingi Sinta. Rama berkata padanya untuk tidak keluar dari lingkaran ini agar tetap aman. Akan tetapi, raja para raksasa, Rahwana membujuk Sinta untuk keluar dari lingkaran, lalu menculik dan membawa Sinta keistananya Alengka. Rama yang bersedih ditemani raja kera, Hanoman akhirnya menemukan Sinta di istana Rahwana. Lalu Rama menghancurkan Alengka dan Sinta berhasil diselamatkan dan kembali  ke pelukan suami tercintanya.

Wisata Exsotik Di Candi Prambanan Yogyakarta

Prambanan ditemukan kembali oleh seorang warga Belanda bernama CA Lons tahun 1733 setelah terabaikan selama ratusan tahun. Candi ini telah mengalami pemugaran dan kini Candi Prambanan dikenal sebagai Candi Hindu paling indah di Indonesia. Keindahan serta kerumitan arsitektur Candi Prambanan sebagai bangunan yang sangat menawan menobatkannya sebagai situs warisan dunia tahun 1991 oleh UNESCO.

Wisata Exsotik Di Candi Prambanan Yogyakarta
Nama asli kompleks candi ini menurut prasasti Siwagraha adalah “Siwagraha” yang berasal dari bahasa sang sekerta yang berarti “ Rumah Siwa” hal inipun ditunjang dengan keberadaan atau bersemayamnya arca/patung Siwa sebagai Mahadewa setinggi 3 Meter di garbagriha (ruang utama). Hal ini menunjukkan bahwa dewa Siwa diutamakan di candi ini. 

Selama Anda di sini sebaiknya Anda mengambil sebanyak mungkin foto yang Anda inginkan karena pemandangan yang indah dari candi yang berdiri kokoh dan reruntuhan candi-candi. Tiket masuk yang Anda beli berlaku untuk satu hari penuh, artinya Anda dapat masuk dan keluar area Prambanan sesuka hati. Artinya bagi para photographer, Anda dapat mengambil foto pada waktu yang berbeda-beda dalam sehari, menarik bukan!

Wisata Exsotik Di Candi Prambanan Yogyakarta
Cara terbaik untuk menjelajahi candi Prambanan adalah berjalan kaki sambil menikmati dari dekat pemandangan arsitektur dan desain candi yang indah. Wilayah candi ini seluas 39,8 ha. Di pekarangan utama terdapat tiga candi, 3 candi Wahana, 2 candi Apit dan 8 candi Patok yang dikelilingi pagar. Di pekarangan kedua, terdapat 224 candi Perwara. Berjalan-jalanlah dengan bebas dan telaah ukiran batu yang rumit akan membuat Anda terkesima. Jika dibandingkan dengan candi Angkor Wat, candi Prambanan lebih mudah ditelaah dan dipahami oleh pengunjung. Area di sekitar Prambanan dikembangkan taman hijau dan toko-toko yang menjual souvenir. Karena Prambanan bukan merupakan yang berlokasi di pedesaan yang terpencil, keagungan candi ini akan membuat Anda lupa bahwa Anda ada di kota. Anda akan dibawa berjalan-jalan kembali kemasa lalu dimana ritual dan kebudayaan mendominasi setiap bagian hidup  masyarakatnya.

Demikian informasi yang dapat saya sajikan tentang Wisata Exsotik Di Candi Prambanan Yogyakarta yang menjadi salah satu tujuan wisata di negeri ini. Mari kita jaga, rawat dan pelihara situs warisan dunia ini, jangan sampai terlantar, hancur dan hilang tertelan zaman.

0 komentar

Posting Komentar