Sabtu, 17 September 2016

Keindahan Pantai Ayah di Kebumen, Jawa Tengah

Keindahan Pantai Ayah di Kebumen, Jawa Tengah-Pantai Ayah, atau juga dikenal sebagai Pantai Logending, adalah salah satu obyek wisata pantai yang terletak di Kebumen, Jawa Tengah. Objek wisata ini cukup terkenal karena menggabungkan antara wisata hutan dengan wisata bahari, yakni Hutan Wisata Logending dan Pantai Ayah. Nama Logending itu sendiri berasal dari kata "Lo" dan "Gending", di mana "Lo" adalah nama sebuah pohon yang kayunya dapat dicampur ke dalam alat musik dalam bahasa Jawa yang disebut Java Gending, kedua kata tersebut digabungkan sehingga menjadi kata Logending.

Keindahan Pantai Ayah di Kebumen, Jawa Tengah

Hutan Wisata Logending merupakan hutan jati Selatan milik Perum Perhutani dekat pantai Kedu. Konon menurut cerita pada Zaman dahulu, hutan Pantai Logending digunakan sebagai pengawasan dan pos penjagaan oleh tentara Belanda dan Jepang selama menduduki Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan warisan benteng yang terletak di pantai atau di pegunungan Logending. Pada tahun-tahun 1948-1950, ketika terjadi revolusi di Indonesia, hutan Logending juga telah digunakan sebagai tempat persembunyian para pejuang militer dalam mempertahankan wilayah tersebut.

Pantai yang berjarak sekitar 8 km dari obyek wisata Gua Jatijajar ini, memiliki pemandangan alam yang indah dengan air yang jernih, serta hamparan pasir luas dan landai. Dalam kawasan wisata ini, pengunjung dapat menghirup udara segar sambil berjalan menyusuri pantai. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa bermain sepakbola, voli pantai, serta duduk santai di atas hamparan pasir.

Setelah puas menikmati pantai, pengunjung dapat menuju kawasan hutan Logending yang terletak puluhan meter dari pantai. Di hutan ini ada berbagai macam tanaman yang merupakan tanaman lokal yang langka. Salah satu tanaman langka yang dapat ditemukan di hutan ini adalah kayu mahoni Afrika. Tanaman ini jarang ditemukan di hutan lain di Indonesia pada umumnya. Oleh karena itu kawasan hutan juga dijadikan sebagai tempat penelitian tanaman langka serta pengembangan mahoni Afrika.

daya tarik lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pantai indah muara ayah Bodo, yaitu sungai yang memisahkan wilayah Kabupaten Kebumen dan Cilacap. Untuk menikmati pemandangan sungai ini, wisatawan dapat berkeliling dengan menyewa perahu nelayan setempat. Sepanjang sungai, pengunjung dapat melihat air tenang Bodo, pohon tebal payau di tepi sungai, dan properti Perum Perhutani yang tampak rapi dan hijau.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana objek wisata di malam hari, dapat mendirikan tenda untuk berkemah di situs Perum Perhutani yang terletak di hutan jati. Daerah berkemah yang luas, bersih, dan sejuk dirancang khusus bagi wisatawan yang suka berkemah saat bepergian.

Keindahan Pantai Ayah di Kebumen, Jawa Tengah

Objek wisata ini cukup terkenal karena menggabungkan antara wisata hutan dengan wisata bahari, yakni Hutan Wisata Logending dan Pantai Ayah.

Pantai Ayah atau Hutan wisata Logending terletak di Distrik Kebumen, Propinsi Jawa Tengah atau sekitar 3 kilometer di sebelah selatan Gua Petruk atau sekitar 40 km dari kota Gombong. Untuk mencapai objek wisata ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi (mobil), serta angkutan umum (bus). Jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Kebumen ke lokasi Pantai Ayah, akan menempuh jarak sekitar 20 km. Namun, bagi pengunjung yang ingin naik angkutan umum (bus), perjalanan dapat dimulai dari Terminal Kebumen. Dari terminal ini banyak bis yang melewati obyek wisata pantai Ayah, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Di pantai Ayah tersedia berbagai fasilitas, termasuk tempat-tempat berkemah, tempat untuk bersantai, area parkir yang luas, tempat ibadah, penginapan, arena permainan anak-anak, penyewaan perahu, pusat informasi pariwisata, dan lainnya. Ada juga warung yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman, suvenir (kerajinan anyaman pandan, kerajinan juling), dan pedagang yang menjajakan ikan laut dalam kondisi segar. Selain itu bagi pengunjung yang ingin membawa pulang souvenir yang khas dari Kebumen "grobi" dan gula kelapa, dapat dengan mudah mendapatkannya, karena di daerah wisata banyak toko yang menjual barang baik dengan harga yang cukup murah.

Nikmati Keindahan Pantai Ayah di Kebumen, Jawa Tengah bersama rekan maupun keluarga anda. Selamat menikmati liburan dan semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar