Kamis, 22 Mei 2014

Objek Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta

Objek Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta-Ketika kita mengunjungi kota jogja jangan lewatkan tempat – tempat wisata yang ada disana, selain Malioboro, Borobudur, Prambanan , jogja juga memiliki wisata pantai yang menarik. Anda tentu pernah dengar tentang legenda Ratu kidul? Ya, seorang Ratu Goib yang menjaga pantai selatan atau yang sering dikenal dengan Pantai Parangtritis. 

Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk.

Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis. Pantai Parangtritis terletak kurang lebih 25 kilometer sebelah selatan kota Yogyakarta, tepatnya di kabupaten Bantul. Pantai Parangtritis merupakan salah satu obyek wisata favorit di Yogyakarta, disini kita dapat melihat secara langsung panorama pantai laut selatan yang membentang dengan hamparan pasir indahnya.

Objek Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta
Luasnya pantai yang membentang, dihiasi dengan tebing kapur yang memukau dengan pasir hitamn dan landainya bibir pantai yang luas membuat panorama pantai terpancar dengan jelas disertai deburan ombak yang tinggi. Sejuk angin yang membelai kulit di pantai membuat pengunjung enggan untuk berdiri jika sudah duduk-duduk di tepi pantai. Pantai parangtritis memang ramai pada jam-jam menjelang matahari terbenam, panorama matahari tenggelamnyalah yang menjadi magnet tersendiri bagi kebanyakan orang. Namun pada musim seperti sekarang ini cuaca tak menentu, pagi hari panas namun terkadang tiba-tiba mendung datang dan hujan mengguyur yang menenggelamkan pesona eksotis keindahan  matahari terbenam.

Melihat matahari terbenam adalah salah satu yang paling diminati.  Oleh sebab itu, saat terbaik pergi ke Parangtritis adalah saat menjelang senja. Remang romantis senja Parangtritis juga seringkali dimanfaatkan pasangan calon mempelai sebagai latar foto pranikah. Tersedia pula jasa bendi yang akan mengantar anda menyusuri permukaan pasir mulus Parangtritis. Kalau anda lebih suka naik kudanya langsung, anda juga bisa mendatangi jasa penyewaan kuda. Permainan layang-layang juga dapat dijadikan pilihan jika ingin lebih mendapatkan suasana santai. Angin Parangtritis yang kencang dapat membantu anda menerbangkan layang-layang. Bahkan pemula yang tak pernah bermain layang-layang pun akan menerbangkan layang-layangnya dengan mudah dengan bantuan angin Parangtritis. Wajar saja jika Parangtritis sering dijadikan lokasi festival layang-layang.elatan atau yang sering dikenal dengan Pantai Parangtritis.  

Objek Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta
Parangtritis juga menyediakan penyewaan ATV, bendi dan kuda yang bisa ditunggangi. Hal ini untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. ATV disewakan dengan harga Rp 50.000 – Rp 100.000 per 30 menit tergantung besar kecilnya. Dengan ATV pengunjung dapat menjelajahi luasnya pantai dengan pesona gundukan-gundukan pasir bagaikan di gurun dengan deburan ombak ganas yang memukau. Naik bendi bersama keluarga menyusuri pantai parangtritis juga memiliki daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang enggan untuk menyewa ATV. Sewa bendi dari Rp 15.000 – Rp 25.000 untuk mengitari pantai.

Pantai Parangtritis sangat lekat dengan legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan. Kuatnya mitos Nyai Rara Kidul juga menciptakan eksotisme tersendiri di Parangtritis. Upacara-upacara seringkali digelar untuk menghormati Nyai Rara Kidul. Oleh Kraton Yogyakarta, Parangtritis dijadikan tempat upacara Labuhan. Hampir setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon, para nelayan setempat dan pengunjung melakukan upacara ritual di Parangtritis. Acara ritual diwarnai pelarungan sesajen dan kembang warna-warni ke laut. Puncaknya terjadi pada malam 1 Suro, dan dua sampai tiga hari setelah hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Hotel Queen of the South adalah sebuah resort mewah yang diberi nama sesuai legenda ini. Sayangnya resort ini sekarang sudah jarang buka padahal sebelumnya memiliki pemandangan yang sanggup membuat kita menahan nafas.

Di Pantai Parangtritis tersedia puluhan losmen dan penginapan dengan harga yang terjangkau. Dan jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas dari parangtritis dengan banyaknya penjual souvenir, mulai dari kain pantai hingga pernak-pernik dari kayu. Demikian info Objek Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta yang bisa admin share.

0 komentar

Posting Komentar