Selasa, 16 Agustus 2016

Wisata Bahari Pantai Bonang-Binangun Rembang

Wisata Bahari Pantai Bonang-Binangun Rembang-Jalur mudik Pantura sebelum memasuki Jawa Timur adalah Rembang. Arah timur setelah Kota Semarang, Demak, Kudus, Pati, baru memasuki Kota Pesisir yang sebelah kirinya sudah Laut Jawa dan banyak kampung nelayan. Memang tidak terlalu ramai kotanya, dibandingkan dengan Kudus atau Jepara. Tetapi setiap kota selalu ada tempat wisata bagi warganya refreshing dan melepas lelah.

Kalau Mudik ke Rembang, ada sejumlah potensi wisata bahari yang keren. Ada wisata sejarah, religi, alam, juga gunung dan alam. Salah Satunya ialah Pantai Binangun yang Sudah mulai ramai di kunjungi wisatawan lokal maupun asing.

Wisata Bahari Pantai Bonang-Binangun Rembang

Pantai Binangun Indah (PBI) terletak di Desa Bonang-Binangun kira-kira 18 km ke arah timur dari kota Rembang. Keindahan pantai ini dengan panorama hamparan laut luas dapat dilihat baik dari jalan raya maupun dari atas bukit petilasan Sunan Bonang (bertebing putih yang disebut Watu Layar) atau dari atas bukit Jejeruk (lokasi makam Sultan Mahmud dari Minangkabau). Pantai Binangun berada dalam satu kawasan dengan objek wisata pasujudan, makam, dan petilasan Sunan Bonang, sentra belanja ikan kering/hasil laut lainnya.

Wisata Bahari Pantai Bonang-Binangun Rembang

PBI merupakan salah satu objek wisata dalam kawasan pengembangan yang saat ini telah mulai dibangun suatu kawasan yaitu Rest Stop Area yang terletak di depan Hotel dan Restaurant Sewu Beach – Binangun. Fungsi dari Rest Stop Area ini adalah sebagai tempat istrirahat bagi pengunjung sekaligus disuguhi dengan panorama laut yang indah, luas, dan berkesan dengan melihat secara langsung matahari terbenam  (sun set). Selain itu, para pengunjung dapat melakukan aktivitas memancing di laut lepas dengan menyewa perahu. 

Wisata Bahari Pantai Bonang-Binangun Rembang

PBI merupakan salah satu kawasan pengembangan yang tercakup dalam kawasan Bonang Binangun Sluke (BBS), yang dijadikan sebagai kawasan unggulan, selain rencana pengembangan KBT Kawasan Bahari Terpadu (KBT). Keindahan Pantai Binangun Indah semakin lengkap dengan adanya peristiwa-peristiwa budaya yang diselenggarakan pada bulan Syawal dalam acara Syawalan atau Kupatan dengan tradisi lomban dan sedhekah lautnya.

Pasti traveler belum banyak yang tahu tentang pantai ini. Pantai Bonang Binangun adalah 'rumah' bagi puluhan perahu nelayan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Tepatnya berada di tepi jalur Pantura, sekitar 17 km dari pusat Kabupaten Rembang ke arah Surabaya. 

Pantai Bonang Binangun bukanlah pantai berpasir. Ombak yang tenang membuat pantai ini menjadi tempat yang tepat bagi nelayan untuk menyandarkan perahunya. Di tempat ini, terdapat pula lokasi pelelangan ikan. Di sini kita bisa membeli ikan laut segar yang baru saja ditangkap dari laut.

Wisata Bahari Pantai Bonang-Binangun Rembang

Di pagi hari, nampak kesibukan para nelayan mempersiapkan perlengkapan untuk mencari ikan. Tampak pula puluhan perahu yang berjajar berhimpitan. Warna-warninya membentuk kemeriahan pemandangan yang cantik. Pada sore hari, suasana menjadi berbeda. Pemandangan matahari tenggelam memiliki bayangan puluhan perahu yang berlabuh. Pemandangan seperti ini pasti sulit Anda temukan di tempat lain.

Sudahkah anda siap untul menikmati Wisata Bahari Pantai Bonang-Binangun Rembang yang belum banyak orang mengeksplornya?

0 komentar

Posting Komentar