Startup Studio Indonesia Solusi Wujudkan Mimpi Startup Lokal

Startup masih menjadi isu yang cukup menarik untuk dibahas. Hal ini tidak lepas dari antusiasme anak muda untuk membangun mimpi.

Startup Studio Indonesia
pixabay.com

Kini membangun startup tidak sesulit dulu karena ada beberapa pihak yang akan suport untuk proses inkubasi. Salah satunya tentu saja Startup Studio Indonesia yang secara tidak langsung adalah produk Kementerian Kominfo. 

Sejak kehadirannya, Startup Studio Indonesia (SSI) langsung mencuri fokus para pelaku startup. Terutama mereka para anak muda yang miliki mimpi untuk bantu selesaikan masalah banyak orang.

SSI ini akan bersinergi untuk membantu bagaimana perusahaan rintisan early-stage mampu scale up dengan baik. Hal ini ditandai dengan bertambahnya jumlah pengguna atau user, jumlah pendapatan, penyerapan tenaga kerja hingga pendanaan.

Beberapa poin penting yang akan menjadi fokus SSI antara lain akselerasi produk dan atau tim, validasi strategi pendanaan, validasi strategi produk, pengembangan teknologi, hingga menajamkan kemampuan bisnis. Semua itu harus seiring sejalan guna mendukung ekonomi digital di tanah air.

Kelebihan Startup Studio Indonesia

Biasanya bila kita ingin belajar dan tumbuh maka akan di dudukkan dalam satu kelas pembelajaran. Namun tidak dengan Startup Studio Indonesia dimana mereka percaya “more brainstorming, less classes. 

Artinya siapapun yang mengikuti program ini akan minim pembelajaran di dalam kelas. Yang ada justru para pelaku startup akan diajak untuk lebih banyak diskusi dan menemukan solusi atas masalah yang nampak.

Satu metode baru dalam culture budaya belajar di Indonesia. Tapi cara ini dipercaya akan lebih bermanfaat karena masing-masing pelaku akan fokus dengan solusi yang bisa diambil.

Paling menarik diskusi di sini langsung dengan pakar atau praktisi yang lebih dulu terjun dalam dunia startup. Dengan demikian diskusi akan jauh lebih berbobot dan mengandung “daging.”

Program SSI

SSI saat ini setidaknya miliki dua program unggulan untuk startup lokal. Program fokus pada pengembangan strategi produk, teknologi tepat guna, building team, dan business skill.

Program intensif tersebut adalah:

1. Founder’s Camp 

Program ini akan mempertemukan para pelaku startup dengan mereka yang ekspert dibidangnya. Dalam sesi ini akan ada solusi praktis yang didapat dari para mentor atau coach.

Hal-hal yang sifatnya basic akan diajarkan guna membuka cakrawala para pelaku startup. Program ini akan berjalan setidaknya selama 5 hari.

Beberapa topik yang akan dipelajari antara lain Product Strategy, Fundraising (Finance & Legal), Marketing, Customer Experience hingga Product Mindset.

2. 1-on-1 Coaching

Apabila program pertama telah dituntaskan maka saatnya naik level untuk mengikuti 1-on-1 coaching. Menjadi sesi yang paling banyak dinanti karena berkesempatan untuk bertemu dan diskusi langsung dengan ahlinya. 

Fokus utama dalam program ini lebih pada strategi pengembangan produk. Tujuannya untuk mendapat produk yang paling dibutuhkan masyarakat sekaligus menjadi solusi.

Selain itu tentu penajaman dari apa yang telah ada sebelumnya. Durasi program ini cukup panjang karena setidaknya membutuhkan waktu 11 minggu.

Startup Studio Indonesia memiliki visi “Membuat ekosistem digital Indonesia yang kaya akan sumber daya.

Dengan demikian para founder startup akan diberi kemudahan akses terhadap berbagai sumber daya potensial. Tujuannya untuk memberi kemudahan dalam berinovasi guna mendorong transformasi digital Indonesia.

Selanjutnya untuk misi Startup Studio Indonesia adalah “Memfasilitasi akselerasi dari startup berkualitas dengan menyediakan sumber daya dan jejaring untuk mengembangkan skala usahanya.

Artinya sudah sangat jelas bahwa mereka akan men-suport para pelaku startup di tanah air untuk lebih bisa berkembang dan terus bertumbuh. Bersinergi satu sama lain untuk saling memberi manfaat terbaik.

Dengan semua manfaat yang ada jelas kiranya bahwa startupstudio.id adalah solusi terbaik bagi mereka yang ingin membangun mimpi bidang startup. Terutama mereka yang ingin wujudkan mimpi menjadi insan perubahan bagi nusa dan bangsa.

Belum ada Komentar untuk "Startup Studio Indonesia Solusi Wujudkan Mimpi Startup Lokal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel