Traveling Tanpa Boncos, Begini Cara Mengatur Keuangan Yang Tepat

Bagi mereka yang suka traveling tetap harus memperhatikan keuangan. Traveling tanpa boncos itu pasti bisa dengan catatan mampu mengatur keuangan yang tepat.

cara mengatur keuangan
pixabay.com

Artinya segala keputusan telah dipikirkan dan diperhitungkan jauh-jauh hari. Jangan tiba-tiba atau serta merta ada keinginan traveling dan langsung jalan.

Bila benar adanya bisa jadi pasca pulang jalan-jalan bingung uang telah habis sebelum saatnya. Yang ada kemudian penyesalan kenapa sejak awal tidak mengatur keuangan dengan baik.

Seperti kita tahu untuk traveling bisa jadi kita akan membutuhkan dana tak sedikit. Kecuali mereka yang ingin backpacker dan berbekal apa adanya.

Mereka yang telah miliki keluarga, membawa turut serta anak, istri dan orang tua harus dipikirkan lebih masak. Jangan sampai kemudian dana habis di jalan dan bingung selanjutnya bagaimana.

Traveling Boncos? Bisa Jadi Karena Ini 

Ada banyak penyebab yang membuat traveling boncos. Dan bila tidak ingin ini terjadi maka ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut ini

1. Travelling Sebagai Ajang Balas Dendam

Bagi sebagian orang bisa jadi traveling adalah satu kesempatan untuk balas dendam. Hal ini bisa jadi pada mereka yang telah bekerja berminggu-minggu tanpa libur.

Ekosistem kerja yang buruk turut andil didalamnya. Setiap hari lembur sampai malam dan sabtu minggu juga masih harus bekerja menjadi satu kondisi yang tidak baik.

2. Kurang Informasi / Perencanaan

Hal lain yang bikin boncos tentu saja tanpa traveling tanpa perencanaan. Satu contoh paling sederhana bahwa tiket akan jauh lebih murah bila dibeli beberapa bulan sebelumnya.

Lihat saja mereka yang membeli tiket beberapa hari sebelum keberangkatan. Yang ada harga tiket akan setinggi langit.

Perencanaan ini bukan hanya masalah tiket saja. Tapi juga termasuk akan menginap dimana dan nanti akan jalan-jalan dimana.

3. Boros Tanpa Disengaja

Saat traveling atau liburan sering kali alam bawah sadar mengatakan, “mumpung liburan dan di negeri orang” maka gairah untuk belanja akan meningkat secara tiba-tiba. Hal ini bila tidak terkontrol tentu akan membengkak pengeluaran.

Atau bisa jadi menemukan satu barang yang sebenarnya tidak butuh tapi diinginkan. Atau bisa saja kalap memborong oleh-oleh untuk mereka yang ada di rumah.

Cara Mengatur Keuangan Bagi Mereka yang Suka Traveling

Ada beberapa cara mengatur keuangan bagi mereka yang suka traveling. Cara ini sifatnya tidak baku dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi terjadi saat ini.

Harapannya dengan mengetahui beberapa cara mengatur keuangan ini tidak ada lagi drama di kemudian hari. Jangan sampai traveling niatnya berlibur justru bingung meninggalkan sisa utang menumpuk.

Beberapa cara mengatur keuangan yang bisa dilakukan antara lain:

1. Lakukan Perencanaan

Apapun alasannya, apa yang kita lakukan dikemudian hari harus kita rencanakan dari sekarang. Jangan sampai hanya asal jalan dan kemudian bingung mau melangkah ke mana.

Pun demikian untuk bisa berlibur atau traveling dengan nyaman juga membutuhkan perencanaan yang baik. Lakukan perencanaan dari waktu, tujuan hingga biaya yang harus disiapkan.

2. Lakukan Budgeting

Setelah selesai semua rencana maka saatnya susun dana tersebut didapat dari mana saja. Selain itu butuh waktu berapa lama untuk terkumpul dana dibutuhkan.

Jangan sampai memaksakan dan pada akhirnya mengorban kebutuhan yang lain atau justru malah menyiksa diri. Penting pula untuk membuat masing-masing pos semisal untuk perjalanan, akomodasi di tempat wisata hingga dana tak terduga.

3. Kondisi Darurat

Tak ingin terjadi tapi bisa jadi selama perjalanan terjadi hal-hal tidak diinginkan. Jangan anggap remeh karena ketika kita berada di tempat yang baru semua kemungkinan bisa saja terjadi.

Kalau bisa sediakan kontak pula kontak yang bisa dihubungi bila nanti terjadi sesuatu. Pihak ini sebaiknya harus terkonfirmasi jauh-jauh hari sehingga sigap memberi dukungan.

4. Manfaatkan Promo

Penyelamat terbaik bagi mereka yang suka jalan-jalan tentu mengandalkan promo. Baik itu tiket perjalanan, hotel tempat menginap atau tiket berkunjung ke tempat wisata.

Tidak harus miliki ketrampilan khusus karena yang lebih penting bagaimana jeli melihat sebuah peluang. Terlebih saat ini ada banyak aplikasi yang sediakan berbagai promo menarik.

Belum ada Komentar untuk "Traveling Tanpa Boncos, Begini Cara Mengatur Keuangan Yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel