Game Simulasi Keuangan untuk Anak yang Menantang

Ada banyak cara bagi orang tua untuk mengajarkan hal baik kepada anak mereka. Tidak perlu menunggu remaja karena saat anak-anak pun sudah bisa diajarkan.

game simulasi keuangan
mortgagecalculator.org

Pun berkaitan dengan manajemen atau tata kelola keuangan. Hal ini menjadi penting untuk diperhatikan agar anak senantiasa menghargai apa yang mereka miliki.

Jangan sampai salah didik atau membuat mereka terlalu bergantung pada orang tua. Manja bukan terjadi secara tiba-tiba tapi lebih pada salah asuh, di mana orang tua kecenderungan memberikan apa yang diminta tanpa kerja keras.

Lain cerita dengan anak yang hanya akan mendapat sesuatu usai mereka bekerja atau menuntaskan sebuah penugasan. Apa yang ada pasti akan dijaga dengan sebaik mungkin.

Keuangan Bukan Hal yang Tabu untuk Anak

Saya sepakat bahwa mempelajari keuangan bukan hal tabu untuk anak-anak. Meski sebagian orang tua bisa jadi akan menyanggah dimana itu bukan masanya.

Belajar tentang keuangan tidak harus dengan langsung memegang uang. Saat ini bisa diajarkan dengan cara role play atau permainan sederhana.

Paling mudah tentu saja dengan game simulasi keuangan. Dari hal yang paling sederhana dimana anak akan belanja dengan sejumlah uang dan selanjutnya akan mendapat uang kembalian.

Nah uang kembalian ini harus dipastikan sesuai dengan yang seharusnya. Bila tidak sesuai maka patut menjadi pertanyaan ada apa gerangan.

Selanjutnya anak selain bisa berhitung dari adanya uang kembalian ia juga bisa belajar dari adanya cashback. Entah itu karena promo atau hal lainnya dimana saat membeli akan ada sejumlah potongan harga.

Dua hal diatas tentu saja contoh paling mudah dan selain itu ada banyak hal menarik berkaitan dengan pengelolaan keuangan bisa dipelajari. Tak mau rugi atau salah perhitungan maka ada baiknya sejak dini belajar dari game simulasi keuangan.

Game Simulasi Keuangan yang Cocok untuk Anak-anak

Saat ini pun bisa jadi ada cukup banyak game simulasi keuangan yang bisa dipakai untuk belajar. Tidak harus yang premium atau berbayar karena mulai dari yang gratisan pun bisa. 

Paling penting bisa menjawab kebutuhan untuk belajar. Salah satu penyedia game ini tentu saja ada Mortgage Calculator

Di mana mereka tidak saja memberikan solusi bagi mereka yang ingin tahu kemampuan dalam ambil kredit. Namun dengan platform ini bisa juga melakukan cek 3 harga, hitung bunga sampai dengan tenor sesuai dengan kemampuan yang ada.

Dan berikut game simulasi keuangan yang yang cocok untuk anak-anak.

1. LEGO City Adventures Build And Protect

Bagi pecinta lego game ini tentu akan sangat menyenangkan untuk dimainkan. Anak-anak akan diajak untuk turut serta membangun sebuah kota. Uang yang digunakan berasal dari pajak bumi dan bangunan.

Di sini tentu dibutuhkan kemampuan untuk bagaimana pajak didapat dalam angka besar. Pajak besar pun harus disertai dengan jaminan keamanan yang memadai. Tidak ada kejahatan dan kebakaran menandakan kota baik-baik saja dan memberi kesempatan mendapat bonus hadiah.

Tidak mudah tapi game ini sangat menarik dimainkan. Terutama oleh mereka yang suka dengan tantangan dan harus berpikir kritis.

2. Kingdoms Wars

Mereka yang pernah main monopoli tentu tak asing dengan game yang satu ini. Hal ini karena Kingdoms Wars terinspirasi dari permainan lempar dadu tersebut.

Sebelum memulai, pemain akan mendapat modal 500 poin dan akan mendapat tambahan 50 begitu melewati. Hal pertama yang harus dilakukan adalah lempar dadu dan mendarat pada properti.

Bila tersedia maka properti akan langsung bisa dibeli. Namun bila ternyata sudah dimiliki orang lain maka harus disewa. Nilai sewa ini pun akan berbeda-beda tergantung dari kondisi properti yang ada.

Apabila tabungan menipis maka saatnya jual aset dan jaga agar jangan sampai minus. Butuh atur strategi untuk memenangkan persaingan dan harus sering berlatih tentunya.

Selain 2 game diatas masih ada game lain yang dipilih. Memberi kesempatan bagi siapa saja untuk ikut serta bermain dengan seluruh anggota keluarga.

Tingkat kesulitan yang ada pun bisa diatur sesuai dengan keinginan. Paling penting adalah coba dari yang paling mudah dan terus meningkat ke yang lebih tinggi.

Belum ada Komentar untuk "Game Simulasi Keuangan untuk Anak yang Menantang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel