Senin, 12 Mei 2014

Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Museum Sonobudoyo Yogyakarta-Mungkin bagi Anda jarang sekali bahkan tidak sama sekali mengunjungi Musium. Wah nampak jelas dan sangat disayangkan. Mungkin karena minimnya publikasi atau minat Anda dalam memilih menghabiskan liburan dan akhir pekan bisa menjadi faktor utamanya namun dari yang sudah saya amati banyak kalangan anak-anak SD sampai SMA berbondong-bondong mengunjungi wisata-wisata yang berbau tentang sejarah. Nah di artikel ini saya akan sedikit mengulas tentang wisata sejarah yang berada di Yogakarta salah satunya yaitu Museum Sonobudoyo.
Musium Sonobudoyo Di Yogyakarta
Musium Sonobudoyo
Musium Sonobudoyo  yang berada di bagian utara Alun-alun dari kraton Yogyakarta Merupakan Museum terlengkap setelah Musium Nasional Jakarta terkaid dengan seni dan kebudayaan. Pada awalnya museum ini merupakan yayasan yang bergerak dalam bidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali dan Lombok. Diresmikan pada tanggal 6 Nopember 1935 oleh Sultan Hamengkubuwana VIII dengan ditandai Candrasengkala “Kayu Winayang Ing Brahmana Budha”. Kemudian pada akhir tahun 1974 museum diserahkan kepada  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan secara langsung bertanggung jawab kepada Direktorat Jenderal.

Museum Sonobudoyo Yogyakarta
Pertunjukan Wayang
Museum ini bertugas untuk mengumpulkan, merawat, pengawetan, melaksanakan penelitian, pelayanan pustaka, bimbingan edukatif cultural serta penyajian benda koleksi Museum Negeri Sonobudoyo. Di museum ini terdapat 10 Jenis koleksi antara lain: Geologika, Biologika, Ethnografkai, Arkeologi, Numismatika/ Heraldika, Historika, Filologika, Keramologika, Senirupa dan Teknologika. Saat ini Museum Sonobudoyo Yogyakarta sedang dirancang menjadi museum bertaraf internasional dengan menambah fasilitas dan aneka pelayanan berkelas dunia. Saat ini museum memiliki fasilitas pendopo, auditorium, labaratorium konservasi dan perpustakaan. Akan tetapi museum ini berada dan terbagi menjadi 2 unit yang berada di 2 tempat terpisah. dan sebagai salah satu musium umum.

Museum Sonobudoyo Yogyakarta
Ruang Pameran
Di unit 1 terdapat koleksi Etnografi, Arkeologi, Nimismatika, Keramologika, dan Fiologika. Letak unit 1 ini berada di dekat Alun-alun utara Keraton Yogyakarta yang memiliki bangunan utama berbentuk rumah joglo bergaya masjid keraton kesepuhan Cirebon. Sedangkan Unit 2 menajikan koleksi Historika, Senirupa, Geologika, Biologika dan Teknologika. Unit 2 ini terletak di daerah wijilan.

Selaian menyaksikan koleksi-koleksi mengagumkan masa lalu, pada malam hari Anda juga bisa menyaksikan pertunjukkan wayang kulit (dengan menggunakan bahasa Jawa diiringi dengan musik gamelan Jawa). Pertunjukan wayang kulit ini disajikan secara ringkas dari jam 8:00-10:00 malam pada hari kerja untuk para turis asing maupun turis domestik.

Museum Sonobudoyo Yogyakarta
Bagi Anda pencinta keris Museum Sonobudoyo lah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Karena di Museum ini menyimpan kurang lebih 1200 keris yang berasal dari berbagai penjuru nusantara dengan berbagai tipe. Selain itu Museum Sonobudoyo juga menyimpan benda-benda peninggalan dari masa prasejarah hingga masa islam. Buku-buku dan naskah yang berkaitan dengan kebudayan pun ada di Museum ini. Mungkin bagi Anda para peneliti bisa langsung mengunjungi Museum Sonobudoyo yang lengkap ini.

Anda tak perlu mengeluarkan gocek banyak untuk masuk karena harga tiket masuk sangat murah dan ekonomis.

1. Tiket Masuk Museum :

- Dewasa Perorangan            Rp. 3.000,00
- Dewasa Rombongan           Rp. 2.500,00
- Anak – anak Perorangan     Rp. 2.500,00
- Anak – anak Rombongan    Rp. 2.000,00
- Wisatawan Asing                Rp. 5.000,00    

2. Tiket masuk Pergelaran Wayang Durasi Singkat Rp. 20.000,00 / 0rang

Jadwal kerja museum :

1. Selasa - Kamis    :    Pukul 08.00 - 14.00 WIB
2. Senin dan Hari Besar atau Libur Nasional Tutup

Akses untuk menuju Lokasi sangat mudah karena letaknya berada di jantung kota Yogakarta dan berada di dekat Malioboro, Anda bisa mengunakan Becak, Andong, Bus Kota, Bus Transjogja, Taxi, Sepeda maupun Angkutan Pribadi. Jika Anda sedang berada di Malioboro bisa langsung saja berjalan ke arah selatan. Karena lokasinya yang tidak jauh dari Malioboro yang merupakan pusat wisata di Yogyakarta, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai akomodasi di sini. Mulai dari penginapan murah sampai hotel berkelas, tentunya dengan harga yang bervariasi juga.

Demikian Ulasan Museum Sonobudoyo Yogyakarta yang bisa saya berikan, semoga bisa membantu dan menambah referensi Anda dalam memilah wisata-wisata di Yogyakarta khususnya Museum.

1 komentar:

  1. menarik sekali ya museum nya, kalau saya pernah ke monumen nya jogja kembali :D

    BalasHapus