Rabu, 21 Mei 2014

Objek Wisata Pantai Sanur Bali

Objek Wisata Pantai Sanur Bali-Pulau Dewata ya itulah sebutan dari Bali, yang menyajikan berbagai macam wisata yang menarik dan indah untuk Anda kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Sanur. Keindahan, ketenangan dan panorama matahari terbit menjadi primadona para wisatawan yang mendambakan ketenangan. Pantai Sanur atau Sunrise Beach adalah pantai terdahulu sebelum pantai kuta. Letak dari pantai sanur berada di desa Sanur yang termasuk wilayah kecamatan Denpasar Selatan, kabupaten Badung Kotamadya Daerah Tingkat II Denpasar. Dari pusat kota Denpasar hanya berjarak sekitar 3 km atau dari bandara internasional Ngurah Rai berjarak lebih kurang 18 km. Pantai ini berada di sebelah timur dan selatan dari desa Sanur yang merupakan tepi dari Samudera Indonesia yang berada sebelah selatan pulau Bali.

Objek Wisata Pantai Sanur Bali

Dalam sejarah Bali kuno, Pantai Sanur telah dikenal sebagai pantai yang indah, hal itu nampak dalam Prasasti Raja Kasari Warmadewa, seorang raja yang berkeraton di Singhadwala pada tahun 917 M. Sekarang, prasasti tersebut terdapat di daerah Blanjong, bagian selatan Pantai Sanur.
Pada masa kolonial Belanda, Pantai Sanur terkenal sebagai lokasi pendaratan bala tentara Belanda ketika akan menyerang Kerajaan Badung yang dianggap membangkang pada pemerintah kolonial. Perang yang terjadi pada tanggal 18 November 1906 itu kemudian dikenal sebagai Puputan Badung, yaitu semangat perang sampai mati yang dipraktekkan oleh Raja Badung dan pengikut-pengikutnya.

Objek Wisata Pantai Sanur Bali
Dari segi pariwisata, Pantai Sanur mulai dikenalkan ke dunia internasional oleh A. J. Le Mayeur, seorang pelukis dari Belgia yang datang ke Bali pada tahun 1932. Melihat daya tarik Pantai Sanur yang sangat indah, maka Le Mayeur memutuskan untuk menetap di Sanur dengan mendirikan sanggar melukis. Le Mayeur kemudian menikah dengan gadis Bali bernama Ni Nyoman Pollok, seorang penari Legong yang terkenal dan merupakan salah satu model lukisannya. Melalui lukisan Le Mayeur, Pantai Sanur mulai dikenal oleh dunia internasional. Saat ini, sanggar lukis tersebut telah menjadi Museum Le Mayeur dan dapat dikunjungi oleh publik. Museum Le Mayeur berada dalam area wisata Pantai Sanur.

Objek Wisata Pantai Sanur Bali

Umumnya wisatawan yang datang ke pantai ini untuk mencari alternatif pantai lain setelah kuta yang dipenuhi hiruk-pikuk para wisatawan mancanegara dan domestik. Pantai ini memiliki panjang 3 kilometer dengan garis pantai menghadap ke timur. Pantai Sanur terkenal dengan pasirnya yang berwarna putih bersih dan lembut. Disamping itu, pantai Sanur merupakan pantai yang berbatu karang sehingga memiliki kelebihan tersendiri. Yang menjadi daya tarik pantai Sanur ini karena di bagian sebelah utara pantainya berbentuk melingkar seperti setengah lingkaran dan pada bagian selatan pantainya yang berbelok dari timur ke barat, di mana gelombang air lautnya tidak begitu besar sehingga bilamana air lautnya sedang surut maka akan terlihat batu-batu karang yang membentang berwarna-warni. 

Pada hari mendekati bulan mati atau bulan purnama maka air lautnya akan pasang dan gelombang lautnya agak membesar. Di sebelah tenggara pantai Sanur akan terlihat gugusan pulau Nusa Penida di seberang laut dan pada bagian sebelah timur akan terlihat panorama pantai selatan pulau Bali dengan gunungnya. Pemandangan pantai Sanur ini terlihat lebih indah pada sore hari karena keadaan air laut yang biasanya surut dengan gelombangnya yang berupa riak kecil. Gugusan pulau Serangan dan bukit batu karang yang menjorok ke laut di seberang laut akan tampak terlihat dari pantai Sanur sebelah selatan. Panorama pantai Sanur sebelah selatan lebih indah dilihat pada saat pagi hari. Tempat untuk meninjau atau melihat-lihat yang strategis adalah di bagian timur yaitu di Semawang dan Mertasari. Keadaan udara di sana terasa segar karena hembusan angin laut yang nyaman. Suasana di sepanjang pantai Sanur terlihat terang dan teduh karena penuh dengan pohon-pohon yang besar. 

Objek Wisata Pantai Sanur Bali
Nikmati suasana pantai sanur dengan berjalan kaki atau jika Anda ingin berkunjung ke pulau Nusa Lembongan dan Nusa Penida yang dapat terlihat dari pantai Sanur. Banyak nelayan yang menyewakan perahu motor menuju Nusa Lembongan.

Sepanjang tempat wisata pantai Sanur Bali sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai macam penunjang wisata seperti hotel, restoran atau kafe-kafe kecil dan art shop. Salah satu hotel yang sangat terkenal di pantai ini adalah Grand Bali Beach. Biasanya menjelang perayaan tahun baru, hotel ini sudah habis di pesan oleh para tamu baik mancanegara maupun domestik .

Objek Wisata Pantai Sanur Bali

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh atau souvenir. Sangat mudah untuk menemukan penjual sovenir di kawasan antai Sanur, pada umumnya para pedagang di pantai Sanur menawarkan berbagai souvenir dan pakaian khas Bali dengan harga yang terjangkau, seperti kaos, daster, topi, layangan kain, aksesoris dan pernak pernik lainnya.

Bagi Anda yang hendak berlibur menghabiskan akhir pekan atau libur panjang jangan lupa bawa perlengkapan pantai Anda jika ingin menikmati suasana pantai dan bermain-main dengan ombak pantai yang menawan. Jika Anda tidak ingin kehilangan saat-saat matahari bangun dari tidurnya, datanglah ke lokasi pantai pada hari menjelang pagi. Demikian Info Objek Wisata Pantai Sanur Bali yang bisa saya share.

0 komentar

Poskan Komentar