Senin, 07 Juli 2014

Pesona Obyek Wisata Kepulauan Seribu

Pesona Wisata Kepulauan Seribu-Di wilayah kabupaten ini terdapat pula sebuah zona konservasi berupa taman nasional laut bernama Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (TNKS). Sebagai daerah yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan dan di dalamnya juga terdapat zona konservasi, maka tidaklah mengherankan bilamana pengembangan wilayah kabupaten ini lebih ditekankan pada pengembangan budidaya laut dan pariwisata. Dua sektor ini diharapkan menjadi prime-mover pembangunan masyarakat dan wilayah Kabupaten. Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu mempunyai jumlah penduduk sebanyak lebih kurang 20.000 jiwa yang tersebar di sebelas pulau-pulau kecil berpenghuni.

Kesebelas pulau tersebut di antaranya Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, dan Pulau Sebira.

Pesona Obyek Wisata Kepulauan Seribu
Cobalah mengunjungi Pulau Seribu yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk menuju Pulau ini dari Pelabuhan Muara Angke, dan 1,5 jam dari marina Ancol. Bagi anda yang senang dengan wahana air dan pantai bahari, plus mencari suasana asri, tenang sekaligus indah, memutuskan untuk berlibur ke Pulau Seribu merupakan pilihan yang amat tepat. 

Di Kepulauan Seribu ini terdapat ribuan pulau yang tersebar sehingga dinamakan Pulau Seribu atau Kepulauan Seribu. Walau memiliki banyak pulau, di Kepulauan Seribu ada beberapa pulau yang menjadi favorit para wisatawan untuk dikunjungi. Tercatat ada 5 pulau favorit wisatawan yang sering mereka kunjungi. Suasana dan pesona alam di kelima pulau tersebut memang sangat mempesona. Jadi tak heran jika siapa saja yang berkunjung di Kepulauan Seribu akan bertah berlama-lama di sana. Kelima pulau yang ada di Kepulauan Seribu yang menjadi favorit para wisatawan antara lain.

1. Pulau Tidung

Pesona Obyek Wisata Kepulauan Seribu
Jembatan Cinta Pulau Tidung
Pulau Tidung ini merupakan pulau yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dan menjadi pulau nomor satu yang menjadi favorit wisatawan. Dengan vegetasi yang masih asli, Pulau Tidung ini menawarkan berbagai keindahan yang patut anda nikmati. Lautnya yang jernih berhiasakan batu karang yang berwarna-warni membuat pulau ini menjadi tujuan utama para pencinta snokeling. Selain dapat melihat indahnya pemandangan, Anda juga dapat melihat hutan mangrov. Dari Marina Ancol, pulau ini dapat ditempuh 1 jam dengan speedboat, dan bila anda brangkat dari muara angke bisa di tempu 2,5 jam.

Nuansa alam begitu terasa di pulau tidung berkat banyaknya pepohonan layaknya hutan namun tetap tertata rapi. Hal inilah yang membuat pulau ini menjadi incaran para turis local dan mancanegara untuk berlibur. Jika Anda memutuskan untuk menginap maka, Anda akan menginap di homestay yang di kelola oleh masyarakat sendiri, ada juga penginapan yang menghadap ke laut. Sehingga diberi nama penginapan vie pantai. Dari peninapan ini, Anda dapat menikmati pemandangan yang sangat indah. anda bisa menikmati angin laut dan birunya air laut serta bisa bermain di pantai sekitar penginapan tepi pantai tersebut.

Pulau Tidung ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung kecil, sedangkan pulau tidung kecil yang tidak berpenghuni, hanya ada hutan mangrove yang di kelolala oleh pemerintah untuk menjaga kesimbangan alam sekitar pulau tidung besar dan pulau tidung kecil. Demi menjaga kenyaman dan kepuasan para pengunjung yang berliburke pulau tidung, maka anda akan menemukan adanya watersport seperti banana boat, jet ski, maupun kano. Ada juga penyewaan peralatan snorkeling dan diving. Jangkauan diving di Pulau Tidung ini cukup luas. Harganya pun berbeda-beda seperti DPL, area di sekitar tidung  kecil, dan beberapa area lagi untuk diving. Anda juga bisa ber snorkeling di area jembatan cinta .

Pulau Tidung di Kepulauan Seribu memang sangat terjaga keasriannya sehingga siapapun yang berkunjung ke pulau ini, pasti ingin kembali lagi. Sekedar tips untuk berlibur ke pulau ini, sebaiknya pilihlah pakaian berbahan katun agar dapat menyerap keringat karena cuaca pulau yang panas tentu akan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Selain itu, gunakan baju berwarna cerah agar tidak menyerap cahaya matahari secara berlebihan.

2. Pulau Semak Daun

Pesona Obyek Wisata Kepulauan Seribu

Pulau yang menjadi favorit kedua wisatawan saat mengunjungi Kepulauan Seribu adalah Pulau Semak Daun. Pulau Semak Daun merupakan salah satu pulau yang terletak digugusan kepulauan Seribu. Secara administratif pulau ini termasuk dalam wilayah kabupaten Kepulauan Seribu provinsi DKI Jakarta sebagai daerah penangkaran penyu sisik dengan pantai yang nyaman untuk berenang karena pantainya yang bersih dan landai, berpasir putih, dan bebas bulu babi, terdapat pula daerah yang bagus untuk menyelam dan snorkeling pemula dan letaknya tidak jauh dari pulau Pramuka. Gold sunset dan sunrise yang super keren bisa kita nikmati dari Pulau Semak Daun, sebuah pulau kecil yang memberikan pesona yang luar biasa bagi para pengunjung. Pulau Semak Daun menjadi populer di kalangan traveller, pulau ini terkenal dengan view sunset dan sunrise yang ajibs.

Sebenarnya Pulau Semak Daun ini lokasinya tersembunyi, sehingga wajar kalau di pulau ini masih sepi. Jika anda sempat mengunjungi Pulau Semak Daun ini maka anda hanya bisa menikmati pemandangan pantai yang luas disertai hamparan pasir putih pantai dan pepohonan yang menghiasi pulau ini. Di pulau ini belum ada penduduknya, sehingga jika anda berniat ke Pulau Semak Daun anda harus membawa tenda untuk menginap karena di sini tidak ada penginapan satupun. Dan satu lagi, sebaiknya anda datang ke pulau ini secara beramai-ramai agar suasana tidak menjadi sepi, berdua saja tidak akan cukup.

3. Pulau Bira

Pesona Obyek Wisata Kepulauan Seribu

Pulau Bira menjadi pilihan ketiga para wisatawan saat berkunjung ke Kepulauan Seribu. Tidak seperti Tidung dan Semak Daun yang sudah populer, Pulau Bira layaknya permata tersembunyi. Pulau ini suasananya hampir sama dengan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu. Hamparan pasir putih pantai siap menyambut kedatangan anda di pulau ini. Kegiatan yang bisa anda lakukan bisa berenang di pinggir pantai yang tidak begitu dalam, menikmati keindahan ekosistem bawah laut dengan menyelam, atau anda bisa memanfaatkan permainan watersport yang sudah disediakan di Pulau Bira ini.
Pesona Obyek Wisata Kepulauan Seribu

Pulau Bira dapat ditempuh dengan jarak lima jam perjalanan laut dari Pelabuhan Muara Angke. Anda bisa merasakan liburan di pulau terpencil yang masih perawan dengan pemandangan sekitar pulau, serta bawah laut yang menakjubkan.

4. Pulau Pari
Pesona Obyek Wisata Kepulauan Seribu

Pulau ke-4 yang menjadi favorit wisatawan yaitu Pulau Pari. Suasana di pulau ini memang lain daripada pulau lainnya karena di sini terdapat kumpulan tanaman bakau yang tumbuh di tepi pantai. Kegiatan yang bisa anda lakukan di Pulau Pari ini seperti berjalan menyusuri pinggiran pantai atau bisa juga menyewa sepeda, duduk-duduk di pinggir pantai bersama pasangan atau keluarga, dan yang lebih asik lagi di pulau ini anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam, sehingga disarankan jika anda ingin berkunjung ke Pulau Pari sebaiknya saat sore hari.

5. Pulau Bidadari

Pesona Obyek Wisata Kepulauan Seribu

Pulau favorit wisatawan di Kepulauan Seribu selanjutnya dan yang terakhir adalah Pulau Bidadari. Pulau Bidadari ini sangat cocok dinikmati oleh pasangan karena suasana di pulau ini begitu romantis. Suasanan pulau ini begitu cantik, tak heran jika banyak pasangan yang mengambil foto pre wedding di sini. Tapi jangan sembarangan berfoto pre wedding di sini, karena ada aturannya. Di pulau ini sudah siap para agen untuk anda sewa untuk mengambil foto pre wedding. Tapi kenapa pulau yang cantik ini menjadi pilihan terkakhir para wisatawan? Jawabannya karena untuk bisa masuk ke Pulau Bidadari ini dibutuhkan biaya yang lebih mahal daripada pulau-pulau lainnya.

Diantara daftar diatas sebetulnya masih banyak lagi pulau-pulau yang menjadi bagian dari Kepualuan Seribu yang bisa anda kunjungi dan nikmati, yang tidak kalah menariknya seperti pada kelima daftar diatas. Diantaranya : 
  1. Pulau Harapan atau Pulau Resort seperti Pulau Genteng, Pulau Putri atau Pulau Bintang.
  2. Pulau Khayangan atau Cipir
  3. Pulau Pabelokan
  4. Pulau Onrust atau Pulau Kapal
  5. Pulau Edam atau Pulau Damar Besar
  6. Pulau Rambut atau Pulau Keranjang Burung
  7. Pulau Ayer
  8. Pulau Matahari
  9. Pulau Sepa
  10. Pulau Pantara Barat Dan Pantara Timur
  11. Pulau Kotok
  12. Pulau Pelangi
  13. Pulau Papa Theo
  14. Pulau Laki
  15. Pulau Pamagaran
  16. Pulau Sabira
  17. Pulau Saku dan Pulau Penike
  18. Pulau Peniki
  19. Pulau Gosonglala
Demikianlah info yang bisa saya share tentang Pesona Obyek Wisata Kepulauan Seribu yang mana bisa menjadikan referensi tambahan bagi anda yang hendak ingin menghabiskan libur panjang maupun akhir pekan bersama keluarga, teman maupun pasangan anda. Semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar