Sabtu, 07 Januari 2017

Berlibur di Lampung? Coba Nikmati Aktivitas Gajah di Way Kambas

Berlibur di Lampung? Coba Nikmati Aktivitas Gajah di Way Kambas-Ingin pergi berlibur tapi malas pergi ke tempat ramai dan pantai? Coba yuk, kunjungi wilayah Sumatera di waktu liburanmu. Sekarang ini sudah banyak moda transportasi yang akan memudahkan kita untuk berkeliling di sana. Dalam hal ini, cobalah untuk pergi ke Lampung.

Pergi ke Lampung Timur adalah pilihan yang tepat jika ingin menghabiskan jatah liburan yang ada. Di Lampung Timur, kita bisa pergi ke Taman Nasional Way Kambas atau yang sering disingkat menjadi TNWK. Kenapa harus ke sana? Memang, Way Kambas bukan hanya satu-satunya tempat wisata di Lampung Timur, sih. Namun, ini bisa jadi pilihan yang paling diprioritaskan. Karena kita akan mendapatkan pengalaman seru selama berkeliling di sana, lho.

Berlibur di Lampung? Coba Nikmati Aktivitas Gajah di Way Kambas


TNWK ini berada di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Berdiri tahun 1985, Way Kambas jadi sekolah pertama gajah di Indonesia. Dikatakan sekolah karena tiap gajah diberikan pelatihan dan juga diajarkan melakukan aktivitas, seperti anak sekolah. Tempat wisata ini bahkan dijadikan sebagai Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park) yang ke-36 di Asia Tenggara. Sebagai orang Indonesia, kita harus bangga dong, karena tempat ini merupakan bagian dari Indonesia!

Di TNWK, ada pusat konservasi gajah dan kita bukan hanya sekadar melihat saja, lho. Pernah menonton film The Jungle of Book? Dalam film tersebut, Mowgli yang mana tokoh utama dan satu-satunya anak kecil yang hidup di hutan bersama para serigala, berani dan bisa berdekatan langsung bahkan membelai gajah tanpa tasa takut.

Nah. Kalau datang ke Way Kambas, kita bisa merasakan sensasi seperti di film The Jungle Book. Kita bisa melihat langsung, dan bisa berdekatan dengan gajah. Bahkan, kita pun dibolehkan untuk naik gajah dan berkeliling sekitar taman dengan mereka. Kapan lagi kan, liburan naik gajah?

Berlibur di Lampung? Coba Nikmati Aktivitas Gajah di Way Kambas


Untuk kegiatan tersebut, setiap wisatawan lokal akan dikenakan biaya sebesar 150.000 ribu rupiah per orang jika ingin naik gajah. Sementara untuk wisatawan asing harus membayar dua kali lipatnya. Hm, cukup menguras kantong, tapi worth it lah ya.

Selain naik gajah, diperbolehkan pula untuk memberi makan, dan mengambil foto bersama gajah. Tips untuk kamu yang gemar melakukan foto-foto atau ingin mengambil foto yang bagus agar bisa dipamerkan di media sosiamu, sebaiknya datang saat pagi hari sebelum pukul enam. Karena saat subuh itulah, pawang mulai melepaskan para gajah ke padang rumput. Dan jumlahnya hampir ratusan yang bila kita lihat!

Tapi kalau datang di siang hari, kamu masih bisa bertemu gajah, kok. Kita akan menyaksikan aktivitas gajah seperti mengangkut kayu, membajak sawah, dan bermain. Gajah di Way Kambas juga selalu dimandikan sebelum masuk ke kandang. Ini bisa juga jadi pilihan untuk dating di sore menjelang matahari terbenam karena gajah yang banyak itu akan berkumpul untuk masuk kandang.

Berlibur di Lampung? Coba Nikmati Aktivitas Gajah di Way Kambas


Lahan seluas 1.300 km persegi dari hutan dataran rendah di taman Way Kambas tersebut, bukan hanya ada konservasi gajah, nih. Ada juga Badak Sumatera. Badak dan gajah yang ada di sana bukan hanya dihadirkan karena untuk menghibur wisatawan yang datang. Adanya mereka sangat dijaga agar eksistensi hewan tersebut tidak punah dari muka bumi.

Berlibur di Lampung? Coba Nikmati Aktivitas Gajah di Way Kambas


Harga tiket masuk taman nasional way kambas hanya perlu membayar lima ribu rupiah per orang, dan sepuluh ribu untuk parkir mobil. Untuk ke Lampung timur kamu bisa menggunakan jalur kapal atau pesawat, lalu bergeraklah menuju Bandar Lampung. Apabila kamu berangkat dari Bandar Lampung, kamu bisa lurus terus menuju pintu masuk desa Rajabasa. Selanjutnya akan bertemu pasar, dan lurus terus sampai menemukan hutan. Dari sana kamu perlu lurus terus mengikuti jalan yang ada, sampai sekitar 50 meter dan kamu akan langsung menemukan tempat yang dituju.

Setelah itu, nantinya kamu akan menemukan plang besar yang bertuliskan Taman Nasional Way Kambas. Plang tersebut dihiasi dengan icon Lampung yang seperti mahkota dan pastikan kamu memotret dirimu di depan plang sebagai kenang-kenangan, ya!

Selamat menjelajahi Way Kambas!

0 komentar

Poskan Komentar