Cegah Alergi Pada Anak Saat Berwisata Sedini Mungkin

Wisata keluar kota dan menemukan pengalaman baru tentu menjadi sesuatu yang luar biasa. Namun akan menjadi masalah kemudian bila ternyata terjadi alergi pada anak. Entah karena perbedaan suhu atau cuaca atau bisa jadi karena makanan yang kurang cocok.

alergi pada anak
shutterstock.com

Namun hal ini tidak perlu terjadi kalau para orang tua konsen terhadap tumbuh kembang anak. Salah satunya dengan memberikan nutrisi terbaik agar anak memiliki imunitas yang bisa diandalkan.

Ada banyak cara tentunya untuk sampai ke titik tersebut. Dan salah satunya dengan memperhatikan asupan susu formula.

Alergi pada anak umumnya terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari alergi makanan, debu atau jamur hingga alergi obat.

Alergi itu sendiri dapat dikatakan sebagai reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap zat tertentu yang seharusnya biasa saja. Reaksi yang nampak atau terlihat antara lain gatal, pilek hingga sesak napas.

Cara Mencegah Alergi pada Anak

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mencegah alergi pada anak. Proses tersebut harus dilakukan sedini mungkin karena bila terlambat maka bisa jadi alergi akan nampak. Dan berikut beberapa cara mencegah alergi pada anak:

1. Deteksi Risiko Alergi 

Hal pertama yang harus dilakukan orang tua adalah mendeteksi apakah anak ada alergi atau tidak. Perhatikan dengan seksama saat anak menghadapi situasi baru.

Baik itu saat makan atau mengonsumsi sesuatu atau saat dihadapkan dalam lingkungan baru semisal terkena udara dingin. Gejala yang cukup parah akan adanya asma atau bengek, eksim atopik hingga rhinitis atopik.

Perlu menjadi perhatian lebih bagi para orang tua. Apabila ada salah satu diantara mereka yang alergi maka besar kemungkinan akan menurun pada anak daripada orang tua yang tidak miliki riwayat alergi.

2. ASI Eksklusif

Seperti kita tahu ASI adalah asupan terbaik untuk anak hingga usia 6 bulan. Jangan ragu untuk berikan ASI eksklusif agar terbangun kekebalan tubuh.

Di dalam ASI bukan hanya ada nutrisi yang sangat baik dan dibutuhkan tubuh. Tapi didalamnya juga ada antibodi yang siap mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

3. Susu Formula

Susu formula cukup baik untuk bayi tapi tetap harus dicek dulu apakah cocok atau tidak. Mahal bukan berarti baik dan murah bukan berarti buruk karena setiap bayi memiliki kecocokan masing-masing.

Bila ada indikasi tidak cocok segera konsultasikan kepada dokter. Terutama bagi bayi yang tidak miliki ketercukupan ASI dari orang tua.

4. MPASI Bertahap

Keempat yang bisa dilakukan memberi makanan pendamping ASI yang biasa dikenal dengan MPASI. Proses pemberiannya pun harus bertahap dan tidak serta merta mengingat usus bayi sedang beradaptasi dengan apa yang masuk ke dalam perut.

Lakukan saat anak berusia 6 bulan secara bertahap. Dan bila ragu bisa konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapat nutrisi yang tepat.

Belum ada Komentar untuk "Cegah Alergi Pada Anak Saat Berwisata Sedini Mungkin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel