Kamis, 08 Mei 2014

Daftar Wisata Di Kalimantan Barat

Daftar Wisata Di Kalimantan Barat-Siapa orang yang tidak tahu dengan Provinsi Kalimantan Barat. Provinsi yang beribukota di Pontianak dengan julukan Provinsi Seribu Sungai. Mengapa bisa begitu, Itu dikarenakan mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang sering dilayari. Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman. Sungai-sungai itu pun menyilangi kota dimana salah satunya yaitu sungai terpanjang di Indonesia. Sungai Kapuas dengan panjang 1.143 km telah membagi kota menjadi dua dan menyediakan jalur transportasi penting dan bersejarah. Kalimantan Barat juga menjadi wilayah yang dilewati langsung oleh garis khatulistiwa.

Daftar Wisata Di Kalimantan Barat
Peta Kalimantan Barat
Kalimantan Barat memiliki luas lebih dari 146.607 km² yang merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah dan memiliki kekayaan berbagai mineral serta batu permata. Kalimantan Barat tempat tepat untuk berwisata alam, agrowisata, juga wisata budaya. Di sini tersedia wisata alam berupa pemandangan alam pegunungan, pantai laut, danau musiman, hutan tropis dengan aneka ragam flora dan fauna, hingga air terjun yang indah di Pande Kembayung dan Riam Kanebak. Untuk wisata budaya, karena Kalimantan Barat memiliki latar belakang sejarah dan aneka ragam seni dan budaya yang unik dan menarik untuk disambangi.

Kalimantan Barat memiliki luas lebih dari 146.607 km² dan memiliki kekayaan berbagai mineral serta batu permata. Iklim dominan di wilayah ini adalah tropis dengan suhu udara minimum rata-rata 220,9°C dan maksimum 310,05°C. Musim hujan ringan terjadi bulan Maret-Mei sementara hujan pada November-Januari.

Meskipun sebagian kecil wilayah Kalimantan Barat merupakan perairan laut tetapi memiliki puluhan pulau besar dan kecil. Sebagian pulau kecil tersebut tidak berpenghuni dan tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna, berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Berikut daftar wisata yang ada di Kalimantan Barat :

Daftar Wisata Di Kalimantan Barat
  1. Kota Singkawang
  2. Museum Negeri Kalimantan Barat
  3. Museum Dara Juanti Sintang
  4. Museum Kapuas Raya
  5. Istana Kesultanan Kadariah Pontianak
  6. Makam Juang Mandor
  7. Taman Alun Kapuas
  8. Sinka Island Park
  9. Pantai Pasir Panjang
  10. Pantai Kijing
  11. Pantai Tanjung Belandang
  12. Pantai Batu Payung
  13. Pantai Gosong
  14. Pantai Kura-kura
  15. Pantai Polaria
  16. Pantai Sinam
  17. Air Terjun Melanggar
  18. Air Terjun Banangar
  19. Air Terjun Riam Merasap
  20. Lawang Kuari
  21. Riam Kenebak
  22. Gua Sanjan
  23. Danau Sebedang
  24. Danau Jemelak dan Kebiau
  25. Bukit Kelam
  26. Hutan Wisata Baning
  27. Taman Nasional Danau Sentarum
  28. Taman Nasional Betung Kerihun
  29. Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya
  30. Taman Nasional Gunung Palung
  31. Cagar Alam Raya Pasi
  32. Cagar Alam Kepulauan Maya Karimata
  33. Pulau Randayan
  34. Pulau Temajuk
  35. Pulau Datok
Kalimantan Barat dihuni penduduk asli Dayak dan kaum pendatang dari Sumatera, juga kaum urban dari China serta daerah lainnya di Indonesia. Suku yang Dominan Besar yaitu Dayak, Melayu, dan China. Selain itu, terdapat juga suku-suku bangsa lain, antara lain Bugis, Jawa, Madura, Minangkabau, Sunda, dan Batak. 

Jika Anda berkunjung ke tempat ini jangan lewatkan menu kuliner khasnya yaitu Sambal durian atau yang biasa disebut tempoyak adalah salah satu kekayaan kuliner Nusantara yang dikenal di Kalimantan dan Sumatera. Bahkan, nyatanya tidak semua kawasan di kedua pulau tersebut mengenal jenis makanan tersebut. Sebagian besar orang mungkin akan terheran-heran tentang bagaimana buah durian yang baunya menyengat dan manis itu dapat menjadi makanan yang diolah sebagai teman makan nasi. Ada juga Emping atau bisa disebut Pam terbuat dari padi ketan yang belum masak orang-orang di daerah ini menyebutnya denganpulut matak. Dan masih banyak lagi Kuliner di Kalimantan Barat yang patut Anda coba.

Demikian Artikel tentang Daftar Wisata Di Kalimantan Barat yang bisa saya share. Semoga Bermanfaat.

0 komentar

Poskan Komentar