Selasa, 20 Mei 2014

Wisata Alam Telaga Situ Patengan Bandung

Wisata Alam Telaga Situ Patengan Bandung-Merupakan salah satu wisata terkenal yang ada di Bandung Selatan. Area wisata ini masih satu bagian dengan perkebunan teh Rancabali dan juga dekat dengan berbagai wisata lainnya seperti Kawah Putih Gunung Patuha, maupun pemandian air panas Walini. Danau cantik yang terletak di Ciwedey ini merupakan tempat yang sejuk dan tenang untuk Anda nikmati. Karena posisinya yang tinggi, Anda akan merasakan udara yang dingin dan segar saat mengunjungi danau ini.

Wisata Alam Telaga Situ Patengan Bandung
Nama Situ Patengan sendiri diambil dari bahasa Sunda yaitu Pateangan-teangan, yang berarti saling mencari. Keindahan alam dan hawa sejuk segar obyek wisata ini membuat hampir setiap akhir pekan atau libur nasional, obyek wisata ini ramai sekali oleh para pengunjung.

Sesampainya di Situ Patenggang yang berada di balik hamparan kebun teh, danau luas dan berair tenang akan menyambut Anda. Pegunungan menjulang mengelilingi Situ Patengan.

Di tepi danau, perahu-perahu dengan warna-warna yang terang siap mengantarkan Anda dan keluarga menjelajahi lebih jauh danau ini. Tawar-menawar untuk menyewa perahu biasa dilakukan pengunjung agar mendapatkan harga yang tidak terlalu mahal. Pulau Asmara dan Batu Cinta merupakan lokasi yang menjadi tujuan para wisatawan. Konon menurut ceritanya, siapapun yang singgah ke Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara maka akan mendapatkan cinta yang abadi. Hal inilah yang mungkin menjadikan Batu Cinta dan Pulau Asmara menjadi tempat yang membuat wisatawan menjadi penasaran.

Wisata Alam Telaga Situ Patengan Bandung
Jika Anda tidak mau terlalu jauh dari tepi pantai, menggowes sepeda air cukup menarik untuk dicoba. Atau Anda dapat sekedar duduk-duduk menikmati ketenangan air danau di tempat-tempat yang telah disediakan.

Jika Anda menyewa perahu, Anda dapat mengunjungi sebuah pulau yang ada di tengah danau ini. Pulau yang tidak terlalu besar ini ditumbuhi pohon-pohon dengan daun yang rindang, jadi Anda dapat beristirahat atau tidur sejenak di pulau yang tenang ini.


Wisata Alam Telaga Situ Patengan Bandung
Batu Cinta
Situ Patengan mempunyai sejarah yang cukup menarik yang berkaitan dengan kisah cinta Ki Santang. Konon dahulu ada sepasang kekasih yang bernama Ki Santang dan Dewi Rengganis. Sepasang kekasih tersebut terpisah dalam kurun waktu yang cukup lama dan akhirnya bertemu kembali di suatu tempat yang dinamakan Batu Cinta. Dewi Rengganis meminta untuk dibuatkan sebuah danau sekaligus perahu. Danau tersebutlah yang kini menjadi Situ Patengan ini, sementara perahu tersebut kini menjadi sebuah pulau yang bentuknya seperti hati yang akhirnya dinamai Pulau Asmara dan terdapat di tengah-tengah danau.

Itu sebabnya beberapa orang juga menyebut Situ Patenggang sebagai Situ Penganten. Kisah ini dapat Anda baca pada sebuah lukisan bergambar panorama Situ Patengan yang berada di lokasi Batu Cinta. Masyarakat setempat juga percaya bahwa jika mengunjungi Batu Cinta bersama pasangan, maka hubungan pasangan tersebut akan langgeng.

Patenggang memang sebuah danau yang menarik untuk dikunjungi. Anda bisa mendapat berbagai cerita menarik setelah mengunjungi danau ini. Keindahan dan kesejukan alamnya, membuat Anda kembali segar. Bandung Selatan menyimpan beberapa obyek wisata alam yang indah. Kawah Putih yang eksotis dan Situ Patenggang yang tenang dengan Batu Cinta yang melegenda di Jawa Barat. Anda dapat mengunjungi kedua wisata ini sekaligus karena letaknya yang berdekatan.

Kurang lengkap rasanya bila kita berkunjung ke lokasi wisata ini tanpa membeli cinderamata sebagai oleh–oleh atau sekedar untuk mengingatkan bahwa kita pernah mengunjungi lokasi wisata Situ Patengan. Kita tidak perlu bersusah payah untuk bisa mendapatkan cinderamata, karena didalam lokasi wisata banyak terdapat toko–toko yang menyediakan berbagai macam cinderamata. Situ Patengan menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya adalah area parkir yang cukup luas, toilet, mushola, hingga rumah makan. Selain itu, bila kita membawa bekal sendiri, kita juga bisa menyewa tikar yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat sambil menikmati keindahan panorama Situ Patenggang dan juga bersantap siang.

Harga Tiket

Tiket masuk Rp. 4000,- / org
Tiket masuk mobil Rp. 10,000,-/mbl
Tiket masuk bus Rp. 20.000,-/bus
Tiket perahu dayung/motor Rp. 15.000,- /org
Tiket sepeda air Rp. 40.000,- /2 org
Villa/penginapan Rp.600.000,-/malam kapasitas 30 sd 50 orang.Dengan fasilitas 3 kamar tidur, ruangaula, perapian, dapur, 1 kamar mandi, dengan lokasi ditepi danau patenggang. (Harga Tiket Sewaktu-waktu dapat berubah).

Demikian artikel yang berjudul Wisata Alam Telaga Situ Patengan Bandung yang bisa saya share. Nikmati liburan Anda dengan nyaman dan aman.

0 komentar

Posting Komentar